Puasa Tetap Bugar Bonus Badan Ideal, Ini Tipsnya

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA Lifestyle – Perubahan pola makan dan juga aktivitas selama bulan Ramadhan tentu menjadi tantangan tersendiri terhadap kondisi kesehatan dan kebugaran untuk menjalankan semua aktivitas ibadah serta kegiatan harian. 

Puluhan Bocah Pelaku Tawuran Dihukum 'Mondok' Pesantren Kilat di Kantor Polisi

Meski menjalani pola makan yang sehat dan rutin berolahraga saat berpuasa menjadi tantangan tersendiri, dengan pengaturan makanan dan olahraga yang tepat, penurunan kadar lemak yang maksimal tetap dapat dicapai. 

Salah satu cara untuk tetap menjaga berat badan ideal adalah dengan rutin berolahraga atau workout.

Kisah Inspiratif: Pecandu Alkohol Menjadi Mualaf Tersentuh Perilaku Muslim di Bulan Ramadhan

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/freepik

“Berpuasa di bulan Ramadhan tidak berarti aktivitas olahraga harus terhenti. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, olahraga yang tepat dengan intensitas yang disesuaikan membuat tubuh tetap bugar sehingga semangat menjalani aktivitas harian dan ibadah dengan bonus berat badan ideal," kata Salsabila Avinandita, co-founder Salsalivefit yang juga certified personal trainer dan sport nutrition, dalam keterangan yang diterima VIVA, Jumat 17 Maret 2023.

Dosa Ini Sering Dianggap Sepele Tapi Dapat Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

Sebagai certified sport nutritionist, menurut Salsa penting untuk cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi selama Bulan Ramadhan. Menu makanan dengan paduan makro dan mikro nutrisi akan membuat badan lebih bugar dan fit saat menjalankan puasa dan ibadah lainnya. 

Dikatakan Salsa, untuk berbuka puasa, kurma atau jus buah tanpa gula bisa menjadi pilihan takjil dengan kandungan gula alami, dilanjutkan dengan menu utama yang harus terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Hindari konsumsi gula berlebih yang membuat gula darah naik dan memberikan efek lemas serta mengantuk selama berpuasa. Asupan gula alami yang baik untuk tubuh bisa didapatkan dari konsumsi buah-buahan. 

Saat sahur, oatmeal atau roti gandum dengan kacang-kacangan dan buah cukup untuk memberikan energi selama berpuasa. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung tepung, karena bisa membuat perut kembung sehingga tak nyaman saat berpuasa.

Ilustrasi bubur gandum/oatmeal/sarapan.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Ditambahkan Salsa, penting untuk menjaga asupan air putih selama berpuasa. Konsumsi air putih bisa diatur sesuai dengan kenyamanan, seperti 1 liter setelah berbuka sampai saat mau tidur, dan 1 liter saat sahur sampai waktu imsak tiba. Selain pilihan jenis makanan yang baik dan sehat, rutin berolahraga juga menjadi kunci kebugaran di Bulan Ramadhan. 

“Hindari berolahraga di pagi hari, karena kita harus simpan energi untuk beraktivitas seharian. Pilih di waktu sore sekitar 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa, atau bisa 30 menit atau 1 jam setelah berbuka puasa denga takjil. Usahakan untuk tetap berolahraga, minimal 10 menit perhari dengan intensitas ringan dan bisa gunakan beban minimal 1 kg untuk latihan pembentukan otot," jelasnya.

Rutin berolahraga tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga menaikkan mood yang membuat pikiran lebih rileks dan positif. Dengan berbagai jenis olahraga yang ada saat ini, setiap orang bisa memulai kebiasaan baik ini dari gerakan-gerakan sederhana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya