Cegah Sariawan saat Puasa dengan Cara Ini

Ilustrasi sariawan
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Ramadhan selalu menjadi bulan yang istimewa dan dinanti oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Namun, selama sebulan penuh menjalani ibadah puasa tentu juga memiliki tantangan yang tidak mudah. Tak jarang dengan perubahan pola makan, menahan lapar dan haus, akhirnya menimbulkan kondisi yang mengurangi kenyamanan dalam berpuasa, seperti bau mulut, bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, bahkan panas dalam dan sariawan.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Untuk mencegah hal tersebut, bisa dilakukan denga cara menjaga apa yang dikonsumsi. Scroll lebih lanjut ya.

Munculnya kondisi-kondisi yang mengurangi kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa itu tak lepas dari kurangnya cairan di dalam tubuh. Ditambah lagi, kebiasaan mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan minuman dingin yang berlebihan ketika sahur dan berbuka dapat mempercepat timbulnya panas dalam. Hal ini bisa dilihat dari berbagai gejala yang muncul diantaranya bibir pecah-pecah, sariawan, tenggorokan sakit saat menelan dan masalah pencernaan seperti konstipasi atau sulit buang air besar.

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

“Untuk menghindari hal tersebut, kami menyarankan agar mengkonsumsi lebih banyak air putih serta vitamin saat sahur dan berbuka. Selain itu, penting juga untuk mengontrol asupan makanan berminyak dan berlemak. Dua hal tersebut bisa diganti dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan yang bernutrisi tinggi bagi tubuh,” kata Maria Eleison selaku Head of Marketing dari PT Deltomed Laboratories dalam keterangan tertulisnya.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Namun, bila sudah terlanjur mengalami sariawan dan panas dalam, tidak perlu khawatir. Dalam pengobatan tradisional, kombinasi daun saga, daun thyme dan akar manis mampu mencegah peradangan yang disebabkan sariawan.

Selain itu, daun thyme yang selama ini dikenal sebagai rempah pelengkap masakan, memiliki kandungan kaya vitamin serta mengandung antiseptik alami dan berkhasiat mengobati panas dalam.

ilustrasi sariawan

Photo :
  • Freewallpaper

Kini, bila ingin praktis juga tersedia obat herbal untuk itu. Salah satunya adalah tablet herbal Kuldon. Di dalamnya juga terdapat kandungan bunga seruni atau yang juga dikenal dengan Krisan yang berguna mengurangi rasa sakit akibat peradangan serta memberikan efek menyegarkan saat diminum. Adapun Akar Alang memiliki kegunaan untuk meredakan demam (antipiretik) yang dapat terjadi karena peradangan yang disebabkan panas dalam dan sariawan.

“Semua keunggulan tanaman herbal tersebut kami satukan ke dalam bentuk tablet yang praktis dibawa ke manapun. Berbeda dengan obat oles atau obat kumur yang menimbulkan rasa perih," ujar Maria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya