Waspada Rambut Rontok Lebih dari 100 Helai per Hari, Begini Cara Atasinya

Ilustrasi rambut rontok.
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Wanita sangat identik dengan penampilan yang sempurna dari ujung kaki ke ujung kepala. Kecantikan sering kali dilihat bukan hanya dari kondisi kulit yang sehat, tetapi juga dari rambut yang indah. Namun, berbagai masalah rambut seperti kerontokan tak jarang membuat para wanita kehilangan rasa percaya dirinya.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Banyak faktor penyebab kerontokan rambut pada perempuan, yang paling umum terjadi adalah dari akar rambut, karena rambut tidak mendapatkan nutrisi dan perawatan yang tidak tepat. Selain itu, folikel atau tempat rambut tumbuh yang rusak, serta penggunaan alat dan produk hair styling yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan yang tidak wajar. Scroll lebih lanjut ya.

Pemilihan produk perawatan rambut yang salah juga akan berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengatasi masalah rambut rontok, ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Pertama, pertimbangkan faktor apa yang menjadi pemicunya. Bisa jadi karena rambut sering ditata dengan produk perawatan yang sembarangan dan cara hair styling yang salah.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Harus tahu dulu apa yang menyebabkan rambut rontok, apakah penataan yang berlebihan atau karena akar rambut yang lemah," kata dr. Kamilah Jaidi, Dipl. AAAM, MARS, Hair & Skin Expert, saat ditemui di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa 16 Mei 2023.

Bagi perempuan, selain memiliki kulit yang sehat, rambut juga merupakan aset kecantikan yang penting untuk mendukung penampilan agar merasa lebih percaya diri. Setiap perempuan dapat mengekspresikan keunikan dan potensi diri melalui ragam gaya rambut. Kekhawatiran kadang muncul saat masalah kerontokan rambut datang dan menjadi kendala yang serius.

Mengatasi rambut rontok adalah dengan cara memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut yang akan memberikan kekuatan baik di bagian helai maupun akarnya. Ketika memilih produk perawatan rambut rontok, ketahuilah kandungan di dalamnya. Pilih produk perawatan yang memang mengandung bahan aktif yang telah teruji klinis ampuh mengatasi kerontokan deperti Dynazinc dan Nutri Serum.

Rambut rontok

Photo :
  • Times of India

"Kedua, gunakan produk perawatan rambut yang sesuai yaitu yang mengandung Dynazinc dan Nutri Serum. Kandungan Dynazinc ini bisa mengatasi masalah kerontokan dari akarnya, sementara Nutri Serum melapisi bagian helai rambut agar tidak mudah patah," kata Dokter Kamilah.

Kemudian, hindari pemicu masalah rambut rontok seperti penataan rambut yang berlebihan. Hair styling pada umumnya seperti memakai catok atau hair dryer akan memberikan efek panas kepada rambut yang berakibat pada rambut kering dan rapuh.

Sehingga, menghindari berbagai kebiasaan yang dapat merusak rambut itu akan memperbaiki rambut secara perlahan, sambil terus diberikan nutrisi yang cukup.

Rambut rontok.

Photo :
  • http://4.bp.blogspot.com

"Keempat, komitmen untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang merusak rambut. Seperti menyisir terlalu sering, mengikat rambut terlalu kuat, dikit-dikit catok dan hair dryer," katanya.

Kerontokan rambut normalnya hanya sekitar 50-100 helai saja per hari. Jika rambut yang rontok sudah melebihi batas tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar bisa ditangani dengan cara yang tepat.

"Kerontokan yang ngga normal itu kalau lebih dari 100 helai per hari, karena normalnya hanya 50-100 saja. Jadi kalau sudah parah, harus konsultasi ke dokter. Bisa jadi ada nutrisi dalam tubuh yang kurang sehingga akan diberikan suplemen tambahan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya