Susu Oat Dianggap Lebih Sehat, Kata Pakar Gizi Malah Bikin Gula Darah Melonjak

Susu oat
Sumber :
  • healthline

JAKARTA – Susu oat atau gandum tengah jadi pilihan alternatif lantaran dianggap lebih sehat dibanding susu jenis lainnya seperti berasal dari kacang kedelai atau bahkan hewan sapi. Tak heran, susu oat disebut-sebut sebagai susu vegan yang kaya nutrisi. Namun di balik itu, oat milk ternyata memiliki dampak yang kerap tak disadari.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Gandum ada dalam daftar makanan dari begitu banyak diet dan ahli nutrisi karena kemampuannya membantu orang menurunkan berat badan, gula darah dan kolesterol. Itu sebabnya Anda akan menemukannya di daftar 100 Makanan Tersehat di Planet Ini. Tapi, apakah butiran gandum ini sesuai dengan manfaatnya dalam bentuk cair susu gandum? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

"Yang pasti, susu oat adalah alternatif yang sangat baik untuk susu sapi atau susu kacang bagi mereka yang tidak dapat meminumnya karena alergi susu atau kacang," kata Lori Zanini, RD, CDE, ahli gizi terdaftar dan ahli diabetes bersertifikat di Manhattan Pantai, California, dikutip Eat This, Rabu 14 Juni 2023. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Susu ini sebenarnya bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat selama Anda memilih jenis terbaik. Terlebih, jika menyadari bahwa susu oat secara nutrisi berbeda dari biji-bijian dalam bentuk padat alami. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Tetapi, Zanini mengatakan satu efek samping negatif dari minum susu oat yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah peningkatan cepat gula darah di dalam tubuh. Ini adalah sesuatu yang akan menjadi perhatian jika Anda penderita diabetes atau sedang mencoba mengurangi risiko diabetes tipe 2.

"Dalam hal pengelolaan gula darah, penting untuk menyadari bahwa cairan dicerna lebih cepat daripada makanan dan memengaruhi gula darah kita dengan cara yang berbeda, jauh lebih cepat," kata Zanini, yang juga penulis buku Diabetes Cookbook & Meal Plan for yang Baru Didiagnosis.

Zanini menegaskan bahwa penyerapan gula akan lebih cepat dari susu gandum meskipun susu ini menyediakan beberapa serat. Satu porsi susu gandum sebanyak 1 cangkir biasanya mengandung 1 gram beta-glukan, sejenis serat larut. Beta-glukan adalah prebiotik yang membantu berperan dalam menurunkan kolesterol. 

"Tetapi, Anda akan mendapatkan kedua jenis serat, larut dan tidak larut, dan lebih banyak manfaat (penurun kolesterol dan pengelolaan gula darah) dengan memakan oat yang sebenarnya dibandingkan minum susu gandum," kata Zanini.

Alasan Susu Gandum Tinggi Gula

Ada pun, susu gandum terbuat dari air dan gandum. Tetapi yang tak banyak orang pahami, produsen dapat menambahkan bahan lain, termasuk minyak bunga matahari, pemanis seperti gula tebu, dan bahan pengental. Silk Vanilla Oat Milk, misalnya, mengandung 7 gram gula tambahan. 

Oat milk atau susu oat

Photo :
  • everydayhealth

Benar! Chocolate oatmilk memiliki 10 gram karbohidrat, 7 gram di antaranya ditambahkan gula. Bahkan secangkir susu oat tanpa pemanis mengandung 19 gram karbohidrat dibandingkan dengan hanya satu gram karbohidrat dalam susu almond tanpa pemanis seperti Almond Breeze. Karbohidrat dalam susu nabati bukanlah hal yang buruk, asalkan Anda menyadarinya.

“Masalahnya banyak orang yang mengonsumsi makanan yang menurut mereka sehat tapi sebenarnya tidak baik untuk gula darah kita,” ujarnya.

"Orang-orang minum smoothies besar dan memesan mangkuk acai besar ini dan merasa bahwa mereka sehat, tetapi semua itu mengandung gula alami yang sangat tinggi. Bahkan makanan yang terbuat dari kembang kol seringkali mengandung tepung kentang dan bahan lain yang ditambahkan, merugikan gula darah kita," kata dia.

Intinya adalah susu oat bisa bermanfaat jika Anda minum dengan jenis yang tepat. Manajemen gula darah adalah tentang memahami tubuh Anda dan bagaimana makanan memengaruhinya, terutama makanan yang tinggi karbohidrat alami dan gula tambahan. 

Maka, pakar gizi Zanini menawarkan beberapa tips yang dapat membantu mendapat manfaat susu gandum.

Kenali tubuh

Informasikan diri Anda dengan pemeriksaan darah. Minta dokter Anda untuk menguji hemoglobin terglikasi Anda, singkatnya A1c Anda. Tes darah sederhana ini mengukur kadar gula darah rata-rata Anda selama 3 bulan terakhir.

"Mintalah pada setiap fisik. Kebanyakan orang tidak tahu apa-apa sampai itu tinggi."

Ilustrasi konsumsi permen dan makanan manis berlebih

Photo :
  • Freepik: wayhomestudio

Seimbangkan porsi makan

Anda tidak perlu bertindak ekstrem untuk menurunkan gula darah. Anda bisa menikmati makanan; ketahui saja apa yang ada di dalamnya dan temukan keseimbangannya.

Bergerak lebih banyak

Olahraga adalah obat gratis. Tambahkan gerakan ke hari Anda; lakukan apa pun yang Anda sukai. Itu akan menguntungkan Anda dengan cara yang luar biasa.

Perhatikan gula tambahan dalam minuman

Gula adalah sumber kalori dan karbohidrat yang signifikan. Pilih air dan seltzer beraroma, teh tanpa pemanis, dan susu nabati tanpa pemanis. Bahkan susu oat secukupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya