6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan hingga Anti-Kanker

Ketahui Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Rumput laut ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih luas daripada sekadar sebagai makanan. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, rumput laut tidak hanya memberikan kelezatan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Dari sumber serat yang baik hingga potensi anti-kanker, manfaat rumput laut mencakup berbagai aspek kesehatan.

Berikut ini manfaat rumput laut yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

1. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Ilustrasi bahagia dan menjaga kesehatan.

Photo :
  • ist
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Rumput laut merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dengan mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, B, C, E, K, kalsium, magnesium, yodium, zat besi, dan zinc. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan secara umum, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mendukung fungsi organ tubuh yang optimal.

2. Baik untuk Pencernaan

Gangguan pencernaan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat rumput laut selanjutnya yakni baik untuk pencernaan karena mengandung serat pangan yang tinggi. Serat membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

3. Membantu Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas pada tubuh.

Photo :
  • U-Report

Rumput laut mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid. Senyawa antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit degeneratif. Dengan mengonsumsi rumput laut dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Manfaat rumput laut yang lain adalah dapat mendukung kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan, menjaga keseimbangan kolesterol, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

5. Potensi Anti-Kanker

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • U-Report

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rumput laut mengandung senyawa yang memiliki potensi anti-kanker. Senyawa seperti fucoidan, yang ditemukan dalam beberapa jenis rumput laut telah diteliti karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

6. Dukungan Kesehatan Tiroid

Ilustrasi Hipertiroid

Photo :
  • U-Report

Rumput laut adalah sumber alami yang kaya akan iodium, mineral yang penting bagi fungsi tiroid yang sehat. Iodium diperlukan untuk produksi hormon tiroid, yang mengatur metabolisme tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan otak. Mengonsumsi rumput laut dapat membantu mencegah gangguan kesehatan tiroid, termasuk gondok dan hipotiroidisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya