6 Tips Mengurangi Kolesterol dari Makan Daging Kurban

Ilustrasi makan daging kurban
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Umat Islam sebentar lagi akan merayakan hari Idul Adha yang biasanya dilakukan dengan berkurban. Tentu saat Idul Adha kebanyakan orang akan memakan daging kurban. Nah, mengurangi kolesterol dari makan daging kurban dapat menjadi tantangan bagi beberapa orang. 

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Namun, dengan memilih daging yang rendah lemak, memperhatikan cara memasaknya, dan menggabungkannya dengan pola makan sehat, maka kamu dapat menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kolesterol dari makan daging kurban. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Pilih daging yang rendah lemak

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Ilustrasi daging kurban.

Photo :
  • Freepik

Saat memilih daging kurban, pilihlah bagian daging yang rendah lemak, seperti daging tanpa lemak atau dengan sedikit lemak. Tentu kamu harus menghindari daging yang berlemak.

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

2. Buang lemak yang terlihat

Ilustrasi daging.

Photo :
  • Pixabay/Meditations

Sebelum memasak daging, pastikan untuk membuang lemak yang terlihat pada daging. Kamu dapat memotong atau mengupas bagian lemak tersebut sebelum dimasak agar mengurangi asupan kolesterol.

3.Gunakan metode memasak yang sehat

Ilustrasi memasak daging

Photo :
  • Pixabay

Kamu juga bisa menghindari menggoreng atau mengolah daging dengan cara yang berlemak. Misalnya seperti menggoreng dalam minyak banyak atau menggunakan mentega. Lebih baik pilih metode memasak yang sehat seperti panggang, kukus, rebus, atau dibakar.

4. Kurangi konsumsi daging merah

Ilustrasi daging

Photo :
  • cookist

Perlu kamu tahu bahwa daging merah cenderung memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi. Jika kamu memiliki masalah kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan beralih ke sumber protein nabati atau sumber protein lain yang rendah lemak.

5. Perbanyak konsumsi serat

Serat

Photo :
  • times of india

Jika memakan daging, kamu juga harus tambahkan lebih banyak makanan tinggi serat dalam menu makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Karena serat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

6. Hindari penggunaan lemak tambahan

Mentega.

Photo :
  • U-Report

Saat memasak atau menyajikan daging kurban, hindari penggunaan lemak tambahan seperti mentega, minyak kelapa, atau minyak kelapa sawit yang tinggi akan lemak jenuh.

7. Pertahankan porsi yang sehat

Ilustrasi masakan daging

Photo :
  • Freewallpaper

Cara terakhir untuk mengurangi kolesterol adalah dengan jangan berlebihan dalam makan daging kurban. Pertahankan porsi yang sehat dan seimbang dengan menambahkan makanan lain seperti sayuran, biji-bijian, atau makanan tinggi serat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya