Kenali 5 Gejala Umum Kanker Serviks

Ilustrasi kanker serviks.
Sumber :
  • iStockphoto.

Jakarta - Kanker serviks, juga dikenal sebagai kanker leher rahim, adalah jenis kanker yang dapat mempengaruhi sel-sel leher rahim.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Kanker serviks biasa didominasi oleh perempuan, penyakit ini masuk dalam Tumor ganas pada bagian paling bawah uterus (rahim), yang dapat dicegah dengan pemindaian PAP smear dan vaksin HPV.

Mungkin tidak ada gejala. Dalam beberapa kasus, mungkin ada perdarahan yang tidak teratur atau rasa sakit. Perawatan termasuk operasi, radiasi, dan kemoterapi. Berikut ciri atau gejala umum kanker serviks, dilansir dari Medical Daily, Senin, 10 Juli 2023.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

1. Perdarahan Tidak Normal

Ilustrasi pendarahan vagina

Photo :
  • Times of India
Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Salah satu ciri utama kanker serviks adalah perdarahan yang tidak normal, terutama setelah hubungan seksual, antara periode menstruasi, atau setelah menopause. Perdarahan dapat menjadi lebih berat atau lebih lama dari biasanya.

2. Keputihan Tidak Normal

Wanita keputihan.

Photo :
  • U-Report

Keputihan yang berubah adalah tanda lain yang mungkin terkait dengan kanker serviks. Keputihan ini mungkin berbeda dari keputihan normal yang biasanya dialami oleh seorang wanita. Keputihan dapat menjadi lebih berlebihan, berbau tidak sedap, atau memiliki warna yang tidak biasa.

3. Nyeri Panggul

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Beberapa wanita dengan kanker serviks dapat mengalami nyeri panggul yang tidak biasa atau tidak menjelaskan. Nyeri ini mungkin terasa di daerah panggul atau punggung bagian bawah.

4. Nyeri saat Berhubungan Seksual

Ilustrasi sakit kepala usai berhubungan seks.

Photo :
  • Times of India

Kanker serviks yang lebih maju dapat menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual (dispareunia). Ini bisa menjadi tanda peringatan penting yang harus diperhatikan.

5. Pembengkakan Lelenjar Getah Bening

Ilustrasi keputihan.

Photo :
  • U-Report

Pada tahap lanjut kanker serviks, kelenjar getah bening di daerah panggul atau di sekitar leher rahim dapat membengkak. Hal ini dapat teraba atau terlihat sebagai benjolan di daerah panggul.

Perlu diingat bahwa gejala-gejala ini tidak selalu menunjukkan adanya kanker serviks. Namun, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang akurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya