Sering Terlupakan, Ini Manfaat Serat bagi Pekerja Kantoran

Ilustrasi pekerja profesional.
Sumber :
  • vstory

JAKARTA – Bekerja di kantor seringkali membuat kita sibuk dan cenderung mengabaikan asupan makanan yang sehat. Padahal, memperhatikan pola makan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja selama jam kerja. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Salah satu elemen penting yang sering terabaikan adalah serat. Artikel ini akan membahas pentingnya serat bagi mereka yang bekerja di kantor dan bagaimana serat dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kinerja dalam rutinitas kerja sehari-hari. Scroll lebih lanjut ya.

Asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga stabilitas gula darah, sehingga mencegah fluktuasi drastis yang dapat menyebabkan penurunan energi dan fokus. Dengan konsentrasi yang lebih baik, tugas-tugas di kantor dapat diselesaikan dengan lebih efisien.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Salah satu masalah umum bagi pekerja kantor adalah gaya hidup yang cenderung kurang bergerak. Konsumsi serat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya, menjaga kesehatan usus, dan membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Banyak orang cenderung kurang aktif saat bekerja di meja sepanjang hari. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. Dengan demikian, serat dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Selain itu, pekerja kantoran sering kali mengalami stres akibat tekanan pekerjaan dan pola hidup yang kurang sehat. Konsumsi serat yang mencukupi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan mempertahankan kesehatan jantung.

Serat juga berperan dalam kesehatan mental. Serat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus, yang dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesejahteraan emosional secara keseluruhan.

Makanan berserat tinggi

Photo :
  • U-Report

Serat ditemukan dalam sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini memberikan sumber energi yang tahan lama, membantu kita tetap bertenaga selama jam kerja tanpa mengandalkan camilan tidak sehat.

Untuk memastikan asupan serat yang cukup, kita dapat mengadopsi beberapa langkah sederhana, seperti mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, gandum utuh, dan kacang-kacangan.

Memilih camilan sehat berbasis serat, seperti wortel, apel, atau keripik gandum utuh. Bisa juga dengan nenghindari makanan olahan dan berserat rendah yang tinggi gula dan lemak jenuh.

Dengan menjadikan serat sebagai bagian integral dari pola makan sehari-hari, pekerja kantor dapat meningkatkan kesehatan dan kinerja mereka di tempat kerja. Dalam jangka panjang, kebiasaan makan yang sehat akan membawa manfaat positif bagi kesehatan secara keseluruhan, membantu mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi saat bekerja di kantor.

Diskusi Pentingnya Serat

Photo :
  • ist

Untuk itu, Vegeta bersama dengan SehatQ hadir lewat Health Talk untuk memberikan edukasi tentang pentingnya asupan serat yang cukup sekaligus konsultasi kesehatan terkait serat di booth-booth yang telah disediakan.

“Kami senang dapat berkunjung langsung ke kantor-kantor dan berdiskusi bersama para karyawan mengenai pentingnya serat. Pada kesempatan ini, para pengunjung juga bisa mencoba produk Vegeta Hi-Fiber Serat dan Vegeta Herbal sebelum memutuskan membeli di berbagai minimarket, supermarket, apotek, dan e-commerce,” tutur Rakhmat Ganda Wirawan, Senior Brand Manager, dari Enesis Group.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para karyawan kantor. Kami tentu sangat senang bisa terlibat dalam acara ini,” imbuh Gesit Kumaraningrat, Head of Marketing Communication SehatQ.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya