6 Cara Mudah Atasi Bad Mood, Nomor 2 Paling Simpel

Ilustrasi bad mood
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bad mood adalah situasi di mana suasana hati seseorang dalam kondisi buruk. Kondisi emosional ini cenderung menyebabkan seseorang bereaksi negatif, mudah terpancing emosi, merasa marah, kesal, hingga frustasi.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Bad mood dapat terjadi kepada siapa saja. Penyebabnya bisa karena mengalami penolakan, lapar, merasa bersalah, kelelahan, sedang dalam hubungan buruk dengan orang sekitar, hingga alami pre menstruation syndrome (PMS) pada wanita.

Setiap individu mungkin memiliki pendekatan unik dalam menghadapi suasana hati yang buruk. Dilansir dari situs Siloam Hospitals, berikut adalah beberapa tindakan yang bisa diambil untuk memperbaiki bad mood.

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

1. Ambil Tindakan Positif

Ilustrasi liburan.

Photo :
  • Pexels
Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Setiap orang memiliki kekuatan untuk mengendalikan responsnya terhadap situasi. Jadi, saat merasa tidak bersemangat, coba alihkan energi tersebut dengan melakukan aktivitas positif seperti berjalan-jalan santai, menikmati udara luar, atau mungkin membantu orang di sekitar.

2. Biarkan Air Mata Mengalir

Kadang-kadang, cara terbaik untuk membebaskan emosi adalah dengan menangis. Jangan ragu untuk membiarkan emosi kamu keluar melalui air mata, karena seringkali setelah itu kamu akan merasa lebih ringan.

3. Curhat pada Orang Terdekat

Ilustrasi curhat.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Meski terkadang kita cenderung ingin menyendiri saat mood sedang jelek, berkomunikasi dengan seseorang bisa jadi solusinya. Hindari kebiasaan yang bisa merugikan seperti makan berlebihan saat stres, dan lebih baik temukan teman curhat.

4. Aktivitas Fisik alias Olahraga

Meskipun tampak kontradiktif, olahraga bisa menjadi solusi untuk mengangkat semangat kamu. Aktivitas fisik memicu produksi endorfin, hormon yang dikenal untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

5. Temukan Kesenangan

Ilustrasi bioskop/film/menonton film.

Photo :
  • Freepik/freepik

Cari cara untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal-hal yang kamu nikmati. Mendengarkan lagu favorit, menonton komedi, atau menjelajahi tempat baru bisa membantu memperbaiki suasana hati.

6. Hidup Sehat Sebagai Solusi

Menerapkan gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kualitas emosi kita. Pastikan untuk tidur yang cukup, beristirahat dari media sosial, dan mengurangi waktu di depan layar. Juga, pilih makanan yang dapat meningkatkan mood seperti pisang, ikan, dan cokelat.

Itulah sederet cara untuk mengatasi bad mood, sangat mudah dan simpel. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kamu segera bangkit dari keterpurukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya