5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Ilustrasi peralatan basket.
Sumber :
  • Pixabay/KeithJJ

JAKARTA – Basket merupakan olahraga yang menyenangkan yang cocok untuk siapapun, terlebih karena popularitasnya di seluruh dunia. Di samping itu, bermain basket juga memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, salah satunya bagi kesehatan mental. Berikut daftar manfaatnya dilansir dari laman Healthline.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

1. Membangun kepercayaan diri

Anda bisa membangun kepercayaan diri dan mempelajari diri lebih jauh ketika berada di situasi baru. Sebagai bagian dari tim, anggota bisa memberi semangat, memotivasi, dan mendukung satu sama lain.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Ilustrasi Timnas Basket Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

2. Menurunkan stres

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Terlibat dalam aktivitas fisik dapat melepas endorfin, yaitu hormon perasaan senang atau bahagia. Endorfin bisa meningkatkan mood, membuat relaksasi, dan mengurangi sakit. Hormon ini juga mengurangi depresi, mendorong percaya diri, dan meningkatkan performa kerja.

3. Membuat tulang sehat

Bermain olahraga berkelompok seperti basket, bisa memberikan manfaat fisik dan mental yang unik. Riset dari tahun 2018 menemukan bahwa bermain dalam olahraga tim memiliki manfaat positif pada kekuatan tulang.

4. Menguatkan otot

Bermain basket membutuhkan kelincahan, kekuatan, dan stamina. Anda harus bergerak cepat mengubah arah menggunakan kontraksi otot yang berintensitas tinggi dan durasi singkat.

Ilustrasi bermain basket

Photo :
  • www.pixabay.com/taoonex

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Aktivitas fisik yang rutin membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kadar kebugaran. Menurut riset tahun 2019, basket menigkatkan detak jantung saat istirahat, yang memiliki efek positif pada kebugaran kebugaran kardiorespirasi. Ini berkaitan dengan menurunkan peluang terjadinya penyakit kardiovaskuler.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk kompetisi bergengsi tingkat dunia, FIBA Basketball World Cup 2023, yang akan digelar 25 Agustus – 10 September 2023. PT Yili Indonesia Dairy anak perusahaan dari Yili Grup sebagai produsen es krim Joyday mengambil bagian dalam gelaran internasional ini sebagai FIBA Global Ice Cream Partner. Secara global, Yili Group telah menjadi Global Ice Cream Partner bagi FIBA (the International Basketball Federation) dan telah diumumkan pada 26 April 2023 lalu. 

“Dukungan Yili terhadap olahraga basket dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat terhadap olahraga ini, tidak hanya di China tapi juga seluruh dunia. Dengan jaringan luas yang dimiliki oleh Yili, kami akan turut memperluas promosi mengenai FIBA dan FIBA Basketball World Cup 2023 dimana hal ini sejalan dengan upaya kami menunjukkan produk kami ke tingkat dunia,” kata Presiden Direktur Yili Indonesia Dairy, Yu Miao, dalam keterangan tertulis. 

“Di Indonesia, Yili menyediakan produk-produk unggulan bagi para pengunjung dan pemain selama acara yang tersedia di booth kami. Di stadion utama FIBA ​​​​Filipina pun juga ada Joyday yang dijual. Selain itu, ada beragam aktivitas offline dan online untuk semakin memeriahkan gelaran acara kelas dunia ini. Salah satunya aktivasi di media sosial dengan #JOYDAYxFIBAShootChallenge, nonton bareng pertandingan basket bersama Joyday di Stadion Indonesia Arena tanggal 25 Agustus – 3 September 2023 dan di Fan Zone Spark Mall tanggal 23 Agst – 3 Sept 2023,” tambah Yu Miao.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya