Penyebab Rambut Rontok Usai Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • Pixabay/ slavoljubovski

JAKARTA – Rambut rontok yang terjadi usai melahirkan umum terjadi pada banyak wanita. Tahap kerontokan rambut yang disebut telogen effluvium ini merupakan akibat stres pada tubuh karena melahirkan.

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Faktor-faktor seperti kehilangan darah dan cairan, kurang tidur, dan depresi pasca melahirkan semuanya dapat menyebabkan kerontokan rambut. Melahirkan juga dapat mengubah siklus pertumbuhan rambut setiap wanita, menggeser lebih banyak rambut dari fase pertumbuhan aktif (disebut “anagen”) ke fase istirahat (disebut “telogen”). 

Folikel ini lebih mungkin rontok karena kebiasaan sehari-hari seperti menyisir atau mencuci rambut (kerontokan normal menghasilkan 100 helai rambut per hari; kerontokan rambut pascapersalinan lebih dari 100).

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

ilustrasi rambut sehat

Photo :
  • pixabay

Hormon juga memainkan peran utama. Selama kehamilan, estrogen dan progesteron membuat rambut setiap wanita berada dalam fase pertumbuhan lebih lama (sehingga rambut menjadi lebih tebal). Namun, seiring dengan meningkatnya hormon, kerontokan rambut yang tidak terjadi saat Anda mengalami benjolan, terjadi sekarang sekaligus.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut? Melansir laman real simple, ibu wajib makan dengan benar. 

Fokus pada makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega-3, bahan-bahan ini membantu tubuh membentuk rambut. Sayuran hijau juga bagus. Setiap juga dapat mempertimbangkan suplemen, yang mengandung biotin, rumput laut, dan seng, yang memicu pertumbuhan rambut.

Selain itu langkah kedua yang perlu dilakukan adalah menenangkan kulit kepala. Rambut sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat. Jika kulit kepala tersumbat oleh penumpukan (misalnya, penggunaan dry shampoo seminggu), folikel rambut tidak memiliki lingkungan untuk berkembang.

Cucilah setidaknya setiap beberapa hari dan cobalah perawatan eksfoliasi kulit kepala yang membantu membersihkan kulit kepala secara mendalam tanpa menghilangkan minyak alami rambut. Tindakan sederhana memijat kulit kepala tidak hanya berfungsi sebagai bagian kecil dari perawatan diri, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi.

Ilustrasi keramas.

Photo :
  • Freepik/freepik

Berbicara mengenai rambut rontok, ERHA Ultimate Hair Center mengadakan acara bernama “Hairxhibition” yang diselenggarakan pada tanggal 16-22 Oktober di Kota Kasablanka. Selain itu pada 27 November-3 Desember 2023 di Mal Central Park. 

Dalam acara ini pengunjung dapat mencari tahu permasalahan rambut beserta solusinya melalui konsultasi gratis dengan dokter dari ERHA Ultimate. Tidak hanya itu,  pengunjung juga dapat melakukan free hair makeover dalam bentuk haircut atau hair styling. 

Head of ERHA Ultimate Hari Center, Alisa Agustine mengungkap bahwa pihaknya menyadari bahwa permasalahan rambut khususnya kerontokan dan kebotakan, saat ini merupakan masalah yang umum dialami. Oleh karena itu, pihaknya ingin mengajak semua pelanggan diseluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari pengalaman perawatan rambut klinis no 1 di Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya