Penyebab Penis Loyo Saat Ereksi, Nomor 4 Susah Dilepaskan

Ilustrasi penis.
Sumber :
  • Doc. Unsplash

JAKARTA – Bisa jadi menyedihkan jika hubungan intim tidak berjalan sesuai harapan, atau Anda kesulitan membangkitkan gairah. Wajar jika hal itu terjadi dari waktu ke waktu.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Tetapi jangan terlena, bisa jadi ada masalah pada kesehatan Anda. Salah satunya terkait dengan disfungsi ereksi atau DE. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Seorang penasihat medis untuk perusahaan telehealth pria Hims, Profesor Geoff Hackett berbagi 5 penyebab yang memungkinkan seorang pria mengalami disfungsi ereksi.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Beberapa diantaranya seperti ngemil makanan tertentu hingga terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Selain itu, berikut lima kebiasaan yang sebabkan seorang pria alami disfungsi ereksi.

Ilustrasi pisang sebagai penis.

Photo :
  • Freepik
Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

1. Makan Makanan Berlemak

Meskipun makanan berlemak dapat menjadi makanan lezat dari waktu ke waktu. Tapi jika dikonsusmi terlalu banyak dapat menyebabkan kesulitan seksual, kata Geoff kepada Huffington Post.

Sebab lemak tidak sehat dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang juga dikenal sebagai aterosklerosis.

Hal ini dapat menyebabkan arteri Anda menyempit dan mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke penis, sehingga sulit mencapai atau mempertahankan ereksi.

Makanan berlemak tidak hanya sekedar pembunuh suasana hati, karena aterosklerosis juga dapat membuat Anda berisiko terkena stroke dan serangan jantung.

"DE dapat menjadi tanda peringatan dini yang penting bahwa arteri kecil di penis terkena dampaknya dan arteri yang lebih besar akan terkena dampaknya kecuali masalah medis ditangani," kata Geoff memperingatkan.

Ilustrasi penis.

Photo :
  • Pixabay

2. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula

Penyebab umum lainnya di balik Anda yang tidak memuaskan pasangan di atas ranjang bisa jadi lantaran makanan manis, terutama jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Menurut Geoff, makanan manis dapat meningkatkan gula darah Anda, yang membuat pankreas memproduksi insulin untuk menurunkannya kembali.

Jika Anda sering mengalami siklus ini, hal ini dapat mulai memengaruhi kesehatan seksual, kata penasihat medis memperingatkan.

Faktanya, disfungsi ereksi terkadang bisa menjadi tanda awal diabetes. Penderita diabetes lebih sering mengalami masalah ereksi.

Geoff mengatakan intervensi medis dini dapat membantu.

Ilustrasi penis

Photo :
  • Doc. Unsplash

3. Minum Alkohol Terlalu Banyak

Minum alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol serta menurunkan testosteron, katanya.

Hal ini dapat menyebabkan DE, hasrat seksual rendah dan mempersulit orgasme, lanjut Geoff.

Steroid dan suplemen untuk pembentukan otot mungkin juga memiliki efek serupa, tambahnya.

Ilustrasi pria dengan menutup penis.

Photo :
  • The Sun

4. Merokok

Merokok sangat buruk bagi kesehatan Anda termasuk juga dapat memengaruhi kehidupan seks Anda.

Menurut Geoff, penyebab utamanya adalah nikotin, yang dikenal sebagai vasokonstriktor (sejenis bahan kimia yang mengurangi aliran darah melalui arteri).

Pembuluh darah kecil di penis sangat rentan dan perokok memiliki peningkatan risiko DE sebesar 1,5 hingga dua kali lipat.

Bahkan jika Anda berhenti merokok, DE Anda masih memerlukan waktu hingga enam bulan untuk sembuh dengan sendirinya.

5. Stres

Salah satu pembunuh suasana hati terbesar di kamar tidur adalah stres.

Dijelaskan Geoff, stres dikaitkan dengan peningkatan kadar adrenalin yang menyebabkan kesulitan mempertahankan ereksi dan juga mempengaruhi produksi hormon seks, terutama testosteron, yang dapat menurunkan libido. 

Kortisol, hormon stres, juga dapat memengaruhi produksi testosteron Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya