Waspada Kanker Tulang, Jangan Abaikan Nyeri yang Datang

Nyeri sendi
Sumber :

JAKARTA – Kanker tulang, juga dikenal sebagai sarkoma, adalah jenis kanker yang jarang terjadi. Kanker ini dapat menyerang tulang dan jaringan lunak di sekitarnya. 

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Penyebab pasti kanker tulang belum diketahui, tetapi beberapa faktor risiko telah diidentifikasi, seperti radiasi, genetika, dan kondisi medis tertentu. Scroll lebih lanjut ya.

"Semua orang sepakat banyak penyebab kanker tulanh, faktor lingkungan faktor radiasi, faktor makanan, yang kita sebut bahan-bahan yang bersifat karsinogenik," kata DR. dr. Norman Zainal SP.OT dalam acara Hidup Sehat TV One pada Jumat, 24 November 2023.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Gejala kanker tulang meliputi nyeri tulang yang persisten, pembengkakan, dan fraktur tulang tanpa sebab yang jelas. Diagnosis kanker tulang melibatkan pemeriksaan fisik, pencitraan, dan biopsi. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Ciri-cirinya yang bisa kita tahu apa sih gejala yang sangat karakteristiknya yang sangat bisa dimengerti itu adalah yang pertama itu nyeri. Misal anak kita mengeluh ada nyeri tapi ya on-off, enggak jelas, ya kadang-kadang nyerinya malam hari kemudian lama-lama proses itu makin nyata," ujarnya.

ilustrasi mengkretek tulang

Photo :
  • freepik/DCStudio

Selain itu, dari beberapa sumber lain kanker tulang biasanya memiliki gejala pembengkakan di sekitar tulang dan fraktur tulang tanpa sebab yang jelas. Kanker ini juga tidak mengenal batas usia.

"Jadi data epidemiologi itu menunjukkan bahwa sebarannya bisa mengenai semua umur, tapi jenisnya beda-beda mulai pada anak-anak kemudian pada remaja dan pada orang tua," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya