Memahami Pentingnya Dukungan Komprehensif bagi Pasien Psoriasis

Pasien Psoriasis
Sumber :
  • ist

SURABAYA – Psoriasis adalah sebuah kondisi kulit yang terjadi ketika sel darah mengalami hiperaktivitas berkembangan sel, yang menyebabkan sel yang berkembang dengan cepat di permukaan tubuh. Hal ini dapat terjadi ketika sistem immun sistem gagal memisahkan sel-sel yang sehat, sehingga mereka berkembang dengan cepat di permukaan tubuh. 

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Penyebab psoriasis belum diketahui, tetapi beberapa teori menunjukkan bahwa psoriasis mungkin disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Scroll lebih lanjut ya.

Selain itu Psoriasis, penyakit autoimun inflamasi yang menghasilkan lesi merah dan plak meradang, tak hanya menyerang fisik, tetapi juga psikologis pasien. Dikarenakan penurunan produktivitas dan interaksi sosial, pasien psoriasis memerlukan dukungan komprehensif, baik dari dalam maupun luar.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Mengutip National Psoriasis Foundation/USA, pengobatan psoriasis tidak hanya tentang menangani inflamasi dan plak, tetapi juga mengelola emosi dan stres. Olahraga seperti yoga dan interaksi sosial dengan sesama pejuang psoriasis dapat memberikan manfaat signifikan. Yoga membantu meringankan nyeri sendi, meningkatkan rentang gerak, dan mengendalikan stres, sementara interaksi sosial membentuk dukungan empati.

Dalam rangkaian program sosialnya, Erha mengadakan Erha A3 for Psoriasis di Hotel Whiz Luxe Spazio Surabaya, baru-baru ini. Acara ini merupakan inisiatif untuk mendekatkan pejuang psoriasis di Surabaya dan sekitarnya. Peserta dapat menikmati diskusi dengan dokter kulit, berjejaring, dan latihan yoga, mempelajari teknik pernapasan dan gerakan yang bermanfaat.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Erha A3 for Psoriasis adalah bukti komitmen Erha dalam menyediakan akses kesehatan yang lebih baik bagi pejuang psoriasis. Dukungan datang dari Erha Atopy and Skin Disease Center, yang fokus pada dermatitis atopik, psoriasis, vitiligo, dan masalah kulit lain. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang kondisi kulit dan solusi berkelanjutan. ERHA Skinsitive dan Komunitas Psoriasis Indonesia (@psoriasis.id) juga memberikan kontribusi penting.

Pasien Psoriasis

Photo :
  • ist

Event ini dihadiri oleh 20 dokter spesialis kulit dan kelamin dari PERDOSKI Kota Surabaya, yang berinteraksi langsung dengan peserta. Dr. Ni Putu Ary Widhyasti Bandem, M.Kes, Sp.D.V.E, FINSDV, FAADV, Ketua PERDOSKI Surabaya, menyambut baik inisiatif Erha. Dengan prevalensi psoriasis sekitar 2.5% di Indonesia, program ini memberikan jalan bagi pasien psoriasis untuk akses kesehatan dan jejaring sosial yang lebih baik.

"Perdoski menyambut baik inisiatif Erha di bidang kesehatan kulit melalui Program Erha A3 for Psoriasis. Sebagaimana yang kita tau, sekitar 2.5% masyarakat Indonesia mengalami psoriasis, maka program ini menjadi salah satu jalan bagi teman-teman psoriasis untuk dapat mendapatkan akses kesehatan dan wadah berjejaring yang lebih baik," tutur dr. Ni Putu Ary dalam keterangannya.

Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Affairs Arya Noble Group, menegaskan bahwa program ini merupakan langkah awal Erha untuk memfasilitasi akses kesehatan dan kehidupan sosial bagi pejuang psoriasis. Erha berharap program ini juga akan memberikan dampak positif bagi keluarga dan profesional terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya