Inggris Mendeteksi Kasus Flu Babi Terbaru pada Manusia

Virus Flu Babi
Sumber :
  • nationalgeographic.com

INGGRIS – Kasus flu babi terbaru ditemukan di Inggris. Saat ini, para pejabat dan pakar kesehatan setempat tengah menyelidiki munculnya infeksi virus A(H1N2)v yang terdeteksi dalam tes skrining flu rutin di operasi dokter umum di North Yorkshire.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Para pejabat mengatakan orang tersebut mengalami gejala pernapasan, penyakit ringan dan telah pulih sepenuhnya. Pasien itu bahkan diketahui tidak pernah menangani babi secara langsung sehingga penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui dari mana asal infeksi tersebut dan risikonya terhadap kesehatan manusia. Scroll lebih lanjut.

Infeksi virus flu babi pada manusia memang terjadi, setidaknya terdapat 50 kasus A(H1N2)v yang dilaporkan secara global dalam 20 tahun terakhir. Ada juga kasus yang dilaporkan di Amerika Serikat pada bulan Agustus lalu.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan pengawasan melalui operasi dokter umum dan rumah sakit di beberapa bagian North Yorkshire di mana kasus tersebut terdeteksi.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

"Kami bekerja dengan cepat untuk melacak kontak dekat dan mengurangi potensi penyebaran. Sesuai dengan protokol yang ditetapkan, penyelidikan sedang dilakukan untuk mempelajari bagaimana individu tersebut tertular infeksi dan untuk menilai apakah ada kasus terkait lebih lanjut. Menteri Kesehatan yang baru, Victoria Atkins, mengatakan individu tersebut diidentifikasi melalui program penyaringan dan pemantauan yang menyeluruh dan ekstensif yang dijalankan oleh UKHSA," kata Meera Chand, selaku direktr UKHSA, melansir BBC, Selasa 28 November 2023.

"Bagus jika kasus ini diketahui, mohon percayakan UKHSA untuk melakukan tugasnya dan memantau dengan cermat," katanya.

Ilustrasi flu babi.

Photo :
  • ANTARA/Arief Priyono

Orang dengan gejala mirip flu disarankan untuk menghindari kontak dengan orang lain, terutama mereka yang berusia lanjut atau rentan, dengan kondisi kesehatan lain.

Chief Veterinary Officer, Christine Middlemiss, menambahkan bahwa penyakit hewan memang sering kali dapat ditularkan kepada manusia. Itu lah mengapa kebersihan dan kesehatan hewan sangat penting untuk diutamakan demi kesehatan manusia di sekitarnya juga.

"Kami tahu bahwa beberapa penyakit hewan dapat menular ke manusia - itulah sebabnya standar kesehatan, kesejahteraan, dan biosekuriti hewan yang tinggi sangat penting," kata Christine.

Christine juga menyarankan agar pemilik babi harus melaporkan tanda-tanda flu babi ternak mereka ke dokter hewan setempat. Paul Hunter, profesor kedokteran di Universitas East Anglia, berpendapat bahwa A(H1N2) tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan jenis influenza lain yang umum beredar. Sementara, Ian Jones, profesor virologi di Universitas Reading, mengatakan bahwa sangat tidak mungkin satu kasus yang terjadi ini mewakili sesuatu yang lebih dari yang pernah terlihat di masa lalu. Ian Jones juga melihat infeksi ringan ini juga sesuai dengan penyakit yang pernah terjadi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya