Dialami oleh Aliando Syarief, Begini Ciri-ciri Orang yang Mengidap OCD

Ilustrasi gangguan kepribadian, gangguan mental.
Sumber :
  • Pixabay/Maialisa

JAKARTA – Ketika seseorang tidak dapat lepas dari pikirannya sendiri yang tiba-tiba muncul ide acak untuk melakukan sesuatu yang tidak sepantasnya tentu dapat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Ditambah lagi dengan kondisi di mana mereka merasa ada dorongan untuk mengecek ulang sesuatu berkali-kali hingga mengganggu produktivitasnya. Kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai ciri-ciri seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental Obsessive-compulsive Disorder atau OCD.

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Seperti halnya yang dialami oleh aktor Aliando Syarief, gangguan OCD adalah suatu kondisi kesehatan mental yang melibatkan pikiran-pikiran yang menyusahkan, mengganggu, dan obsesif. Hal ini dapat menyebabkan seseorang melakukan tindakan fisik kompulsif yang tidak diinginkan, seperti pemeriksaan keselamatan berulang kali atau menghindari kuman dengan mencuci tangan berkali-kali.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Bagi sebagian orang, pikiran yang mengganggu bisa menjadi tidak terkendali, terus-menerus, dan invasif, sehingga mereka mungkin mencoba meredakannya melalui ritual kompulsif. Pada titik inilah kita mengatakan orang tersebut menderita gangguan obsesif-kompulsif, atau OCD. Tapi apa sebenarnya perbedaan pikiran obsesif penderita OCD dengan pikiran mengganggu yang kita alami dari waktu ke waktu?

Jean-Sébastien Audet, Ph.D., seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Kecanduan di Université de Montréal, melakukan tinjauan sistematis untuk menentukan karakteristik spesifik OCD dibandingkan dengan pikiran intrusif pada masyarakat umum dan pada orang yang menderita kecemasan dan depresi. Diterbitkan dalam Psikologi Klinis dan Psikoterapi, analisis Audet menunjukkan bahwa pikiran intrusif pada penderita OCD lebih sering terjadi, berlangsung lebih lama, dan menimbulkan kebutuhan untuk bertindak berdasarkan dorongan untuk menetralisir pikiran mereka. Temuannya menggarisbawahi tekanan signifikan yang disebabkan oleh pikiran mengganggu yang terkait dengan OCD.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

"Pikiran-pikiran ini memicu tingkat rasa bersalah yang lebih tinggi dibandingkan gangguan terkait kecemasan lainnya. Mereka juga dialami sebagai hal yang lebih tidak menyenangkan, tidak dapat diterima, dan tidak dapat dikendalikan, dan dikaitkan dengan tingkat ketakutan yang lebih tinggi bahwa pemikiran tersebut akan menjadi kenyataan," jelas Audet, melansir Medical Xpress, Rabu 29 November 2023.

Distress ini disebabkan oleh pertentangan antara isi pikiran yang mengganggu dan persepsi diri orang tersebut. Disonansi ini sangat kuat ketika orang tersebut memiliki pikiran-pikiran yang mengganggu dan terlarang seperti 'mungkin saya seorang pedofil' padahal sebenarnya mereka tidak memiliki dorongan tersebut.

"Pengidap OCD menganggap tindakannya dapat membahayakan dirinya, misalnya, kecerobohannya dapat menyebabkan dirinya dirampok atau jatuh sakit," kata Audet.

Sebaliknya, orang-orang depresi tidak percaya bahwa mereka adalah bahaya bagi diri mereka sendiri, namun mereka termakan oleh perasaan tidak berharga, dan orang-orang dengan kecemasan menganggap diri mereka sebagai korban dari bahaya eksternal.

Audet percaya bahwa menggambarkan ciri-ciri unik OCD dapat membantu penderita dan orang yang mereka cintai memahami gangguan tersebut dan menyadari bahwa pemikiran yang mereka miliki tidak berdasar pada kenyataan. Menentukan karakteristik tersebut juga memudahkan diagnosis dan pengobatan dini. Dalam kebanyakan kasus, OCD merespons dengan baik terhadap pengobatan dan jenis terapi yang dikenal sebagai 'pencegahan paparan dan respons'.

Pendekatan ini melibatkan pemaparan orang pada situasi yang menyebabkan atau memicu pikiran obsesif mereka dan kemudian membantu mereka mempelajari cara-cara baru untuk mengatasi kecemasan mereka alih-alih melakukan ritual yang biasa mereka lakukan. Kelompok penelitian yang dipimpin oleh Aardema juga merekomendasikan jenis terapi yang dikenal sebagai terapi berbasis inferensi.

"Kami pikir OCD adalah hasil dari narasi yang salah, sebuah cerita yang membenarkan ketakutan individu meskipun ketakutan tersebut tidak memiliki dasar dalam kenyataan. Terapi berbasis inferensi membantu orang tersebut melihat kesimpulan yang salah dan pada akhirnya menghentikan perilaku kompulsif mereka karena itu tidak lagi masuk akal bagi mereka," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya