5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Gula Darah

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

Jakarta – Ketumbar, atau Coriandrum sativum, bukan hanya bumbu dapur biasa. Selain memberikan rasa yang khas pada masakan, ketumbar juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan. Berikut ini adalah lima manfaat penting ketumbar yang dapat meningkatkan kesehatan kamu. 

5 Rekomendasi Buah-buahan untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Terjaga

Sumber Antioksidan Tinggi

Ilustrasi Ketumbar

Photo :
  • Pixabay/ PDPics
5 Manfaat Buah Blueberry untuk Penderita Diabetes, Bisa Kurangi Peradangan

Ketumbar kaya akan senyawa antioksidan, seperti asam askorbat (vitamin C), beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Menyokong Sistem Pencernaan

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Membantu Lebih Cerah dan Lembap

ketumbar dicampur H2O2

Photo :
  • VIVA/ Yandi Deslatama/ Serang

Ketumbar telah digunakan sejak lama untuk membantu pencernaan. Senyawa seperti asam folat, vitamin K, dan zat aktif dalam ketumbar membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dalam saluran pencernaan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah turun

Photo :
  • Eat This

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Senyawa-senyawa dalam ketumbar dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengatur penyerapan glukosa, dan oleh karena itu bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau orang yang berisiko mengalami resistensi insulin.

Mengurangi Inflamasi

Ilustrasi radang tenggorokan.

Photo :
  • http://www.siklusdunia.com

Ketumbar memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengatasi kondisi inflamasi seperti arthritis dan penyakit inflamasi usus. Senyawa-senyawa seperti cineole dan linoleic acid dalam ketumbar memiliki efek menenangkan pada sistem inflamasi tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Pixabay

Kandungan asam oleat dalam ketumbar dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, ketumbar juga dapat membantu mengatur tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mendukung fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya