Jangan Sembarangan Makan Roti Berjamur, Ini 3 Bahayanya Bagi Tubuh

Roti berjamur.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Bagi sebagian orang roti merupakan makanan yang tidak bisa dilewatkan sebelum memulai aktivitas di luar rumah. Selain praktis, roti juga mengenyangkan serta memiliki kandungan gizi yang lengkap, seperti kalori, protein, lemak, serat dan karbohidrat.

5 Jenis Makanan Berbahaya untuk Balita, Perhatikan Supaya Anak Tetap Sehat

Sayangnya, makanan yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno ini tidak dapat bertahan lama. Ketika sudah berumur 2 atau 3 hari, biasanya di bagian roti akan muncul jamur-jamur kecil yang lama kelamaan akan menyebar.

Kontaminasi jamur pada roti dapat terjadi selama proses pembuatan roti atau selama penyimpanan roti. Jika roti terkontaminasi jamur, maka kemungkinan besar roti akan berjamur.

5 Dampak Buruk Dehidrasi Terhadap Kesehatan Tubuh yang Harus Diwaspadai

Kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan roti juga dapat mempengaruhi kemungkinan roti untuk berjamur. Bahan yang tidak segar atau terkontaminasi jamur dapat menyebabkan jamur tumbuh.

Ribuan Dokter Mogok, PM Korea Selatan Beri Jaminan: Tak Ada Hukuman!

Lantas, jika sudah berjamur, amankah roti untuk dikonsumsi?

Mengutip beberapa sumber, Kamis 30 November 2023, roti yang sudah berjamur dapat memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan tubuh. Anda tidak disarankan mengkonsumsi roti yang sudah berjamur meski hanya di sebagian kecil sisinya. Sebab, akar spora jamur bisa masuk ke lapisan dalam roti meski tak terlihat. Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat timbul:

1. Keracunan makanan

Roti yang berjamur dapat mengandung mikotoksin, yaitu racun yang dihasilkan oleh jamur. Mikotoksin ini dapat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi. Gejala keracunan makanan yang mungkin terjadi antara lain mual, muntah, diare, sakit perut, dan demam.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

2. Masalah pernapasan

Menghirup udara yang mengandung spora jamur dari roti yang berjamur dapat menyebabkan masalah pernapasan, terutama bagi orang yang alergi terhadap jamur. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, seperti asma.

3. Iritasi pada mulut, hidung, dan tenggorokan

Roti yang berjamur juga dapat menyebabkan iritasi pada mulut, hidung, dan tenggorokan. Jenis jamur tertentu bahkan dapat menyebabkan perdarahan, nekrosis kulit, dan kematian.

Roti Jangkrik

Photo :
  • vstory

Cara mengatasi saat terlanjur makan roti berjamur

Air putih memiliki manfaat yang penting bagi orang yang mengalami keracunan makanan, termasuk keracunan akibat mengonsumsi roti berjamur. Air putih dapat membantu memulihkan tubuh yang lemas akibat keracunan makanan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, tubuh dapat memulihkan kekuatan dan energi yang hilang

Kemudian coba untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur kaya akan serat, yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh. Serat juga dapat membantu mengurangi gejala seperti diare dan mual.

Jika Anda mengalami gejala keracunan makanan hingga mengalami muntah, dan diare, Anda dapat menghubungi dokter dan mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter.

Ilustrasi obesitas.

1,9 Miliar Orang Diprediksi Alami Obesitas di 2035

Saat ini, banyak yang menganggap mengatasi obesitas hanya masalah cara mengurangi kalori yang masuk dan berolahraga. Sayangnya, mengelola obesitas jauh lebih kompleks.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024