Tips Mengatasi Fatty Liver ala Zaidul Akbar

Penyakit hati berlemak
Sumber :
  • eatthis

VIVA – Penyakit hati berlemak (fatty liver), atau hepatic steatosis, adalah kondisi yang ditandai oleh penumpukan lemak dalam sel-sel hati. Lemak berlebih ini dapat mengganggu fungsi normal hati dan menyebabkan peradangan.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

dr Zaidul Akbar dalam unggahan videonya di YouTube membeberkan cara mengatasi penyakit ini. Ada berbagai cara yang bisa mengatasi penyakit ini, seperti memperbanyak puasa, olahraga, hingga mengkonsumsi makanan berserat.

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan layar
5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

“Banyakin puasa. Puasa sunah, olahraga dikencengin, makan makanan berserat yang memang punya efek untuk membersihkan. Seperti brokoli, asparagus, itu punya efek yang sangat kuat,” ujarnya, dikutip dari tayangannya di YouTube, Selasa, 2 Januari 2024.

“Kemudian serat-serat seperti sayuran, buah-buahan. Jadi lemaknya di stop. Pintu lemaknya di stop, insyaallah akan hilang dengan sendirinya. Termasuk berbekam juga, itu sangat baik untuk membersihkan fatty liver,” imbuhnya.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Salah satu penyebab fatty liver yaitu sering mengkonsumsi gorengan, apalagi dikonsumsi setiap hari itu sangat berbahaya. Ia menyarankan, jika makan gorengan lebih baik diperbanyak makan cabainya. Menurutnya, cabai memiliki serat.

“Saya saran, kalau anda makan gorengan bagusnya banyakin cabainya. Karena cabai sumber seratnya,” jelasnya.

Dikutip dari Mayoclinic, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi fatty liver.

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Eat This

1. Menurunkan berat badan

Jika kamu kelebihan berat badan atau obesitas, kurangi jumlah kalori yang kamu makan setiap hari dan tingkatkan aktivitas fisik untuk menurunkan berat badan secara perlahan. Mengonsumsi lebih sedikit kalori adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mengendalikan penyakit ini. Jika kamu pernah mencoba menurunkan berat badan dan tidak berhasil, mintalah bantuan tim kesehatan.

2. Pilihlah pola makan yang sehat

Makanlah makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Tim layanan kesehatan mungkin menyarankan untuk menghindari atau membatasi makanan dan minuman tertentu, seperti roti putih, daging merah dan daging olahan, jus, dan minuman manis. Pantau semua kalori yang kamu konsumsi.

3. Berolahraga

Usahakan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, kamu mungkin merasa bahwa lebih banyak berolahraga bisa membantu. Namun jika kamu belum berolahraga secara teratur, mintalah persetujuan tim kesehatan terlebih dahulu dan mulailah secara perlahan.

4. Kelola diabetes

Ikuti saran tim perawatan kesehatan untuk mengelola diabetes. Minum obat seperti yang diperintahkan oleh tim perawatan dan perhatikan gula darah dengan cermat.

5. Turunkan kolesterol dan tekanan darah

Tingkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah kamu jika tinggi. Pola makan yang sehat, olahraga, dan obat-obatan dapat membantu menjaga kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah kamu pada tingkat yang sehat.
6. Lindungi hati
Hindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan hati. Misalnya, jangan minum alkohol.Tanyakan kepada tim kesehatan sebelum menggunakan suplemen herbal apa pun, karena beberapa suplemen herbal dapat membahayakan hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya