Deretan Manfaat Makan Buah di Pagi Hari

Ilustrasi anak makan buah.
Sumber :
  • Pixabay/jill111

Jakarta – Makan buah di pagi hari memang menjadi pembicaraan hangat, terutama ketika perut masih kosong. Buah-buahan tidak hanya memberikan sensasi segar, tetapi juga membawa sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Meskipun setiap orang memiliki tipe tubuh dan metabolisme yang berbeda, banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi buah di pagi hari sebagai bagian dari sarapan. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Dilansir dari healthshots, seorang ahli kesehatan usus dan kecantikan Ayurveda, Dr. Dimple Jangda, memberikan wawasan lebih lanjut tentang kebiasaan ini melalui media sosialnya. Salah satu poin penting yang disorot adalah pentingnya mengetahui jenis buah yang kita konsumsi. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Ilustrasi Buah

Photo :
  • Pixabay/ Couleur
Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Setiap buah memiliki enzim dan asam tertentu yang dapat berinteraksi dengan bakteri di usus, memberikan dampak baik atau buruk tergantung pada gejala masing-masing individu. Dr. Dimple mendorong kita semua untuk lebih memahami buah-buahan yang kita pilih sebelum mengonsumsinya.

Sebagai contoh, ia menyebutkan bahwa semua buah mengandung enzim aktif dan asam buah seperti asam sitrat, tartarat, fumarat, asam oksalat, dan asam malat. Enzim dan asam ini dapat bereaksi dengan asam laktat dalam produk susu dan tidak selaras dengan sayuran, biji-bijian, dan daging. 

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Kombinasi yang tidak cocok ini dapat menciptakan limbah metabolisme yang sulit dicerna, menghambat metabolisme jaringan, dan menghambat pembentukan jaringan. Namun, bagi mereka yang dapat mengonsumsi buah di pagi hari, berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Detoksifikasi yang Optimal

Ilustrasi smoothie/jus buah.

Photo :
  • Pixabay

Tubuh mengalami proses detoksifikasi antara pukul 7-11 pagi, dan buah-buahan memberikan tambahan energi untuk mendukung proses ini, berbeda dengan makanan anti-detoks yang tinggi lemak.

2. Penyokong Metabolisme

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Photo :
  • Sequis

Buah-buahan merupakan makanan yang mudah dicerna, meningkatkan tingkat metabolisme untuk beberapa jam ke depan karena kandungan gula buah alami.

3. Pemacu Kecerdasan Otak

Ilustrasi makan buah/semangka

Photo :
  • Pixabay/Foundry

Gula buah alami sangat diperlukan oleh tubuh saat bangun. Mencoba menggantikan kopi dengan buah, seperti dalam bentuk smoothie, dapat membantu menjaga kewaspadaan dan energi otak.

Dengan menyadari manfaat dan pertimbangan penting ini, kita dapat membuat pilihan yang lebih bijak terkait konsumsi buah di pagi hari. Semua ini bertujuan untuk mencapai gaya hidup sehat dan optimal, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya