10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA Lifestyle – Bagaimana cara mengurangi risiko kanker Anda? Anda pasti pernah mendengar informasi yang kontradiktif mengenai pencegahan kanker. Kadang-kadang strategi pencegahan kanker tertentu yang disarankan dalam satu penelitian diperingatkan untuk tidak dilakukan di penelitian lain.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Seringkali, apa yang diketahui tentang pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup yang Anda pilih.

Penyakit-penyakit ini sangat mengerikan dan mungkin tampak sangat acak, meskipun satu dari tiga orang Amerika akan terkena beberapa jenis kanker sepanjang hidup mereka. Tapi Anda bukannya tidak berdaya di sini.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker apa pun. Jika Anda tertarik untuk mengurangi risiko kanker, maka 10 tips teratas ini pasti akan memberikan dampak yang luar biasa pada hidup Anda.

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • Eat This
Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

10. Berhenti Menggunakan Tembakau

Penggunaan tembakau, apa pun jenisnya, membuat Anda berisiko terkena kanker. Merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker , termasuk kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker laring, kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker serviks, dan kanker ginjal. Selain kanker rongga mulut, mengunyah tembakau juga dikaitkan dengan kanker pankreas.

Bahkan jika Anda tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker paru-paru di masa depan. Pencegahan kanker menjadi lebih mudah dengan menghindari penggunaan tembakau atau mengambil keputusan untuk berhenti menggunakannya sama sekali.

Dalam beberapa menit setelah berhenti merokok, tubuh Anda mulai pulih, dan peluang Anda terkena berbagai jenis kanker berkurang setengahnya lima tahun setelah Anda berhenti. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk berhenti merokok dan cara lain untuk berhenti merokok , bicarakan dengan Dokter Anda tentang hal itu.

Ilustrasi payudara, perut rata dan bra olahraga.

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

9. Berolahraga Secara Teratur

Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor risiko paling signifikan terhadap kanker rahim, usus besar, payudara, esofagus, ginjal, dan jenis kanker lainnya. Selain itu, latihan fisik telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dalam beberapa penelitian.

Olah raga juga tampaknya menurunkan peluang seorang wanita terkena kanker payudara, serta kemungkinan keganasan reproduksi lainnya. Selain itu, meskipun Anda tidak menurunkan berat badan, olahraga akan membantu melindungi Anda.

Orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit latihan fisik intensitas sedang setiap minggu, menurut American Cancer Society . Anak-anak harus menyelesaikan minimal 1 jam olahraga intensitas sedang setiap minggunya. Dan olah raga remaja yang masuk dalam kategori sedang meliputi aktivitas seperti; Berjalan kaki, berenang, bermain golf, berlatih yoga , atau bahkan membersihkan halaman.

Ilustrasi makanan sehat

Photo :
  • Eat This

8. Makan Makanan Sehat

Mengubah pola makan adalah salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Dan beberapa makanan dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker.

American Cancer Society menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan bergizi yang tinggi sayur dan buah. Pastikan Anda mengonsumsi minimal 2 cangkir sayur dan buah setiap hari. Dan Anda membatasi konsumsi daging olahan seperti hot dog dan daging makan siang. Ikan, unggas, dan potongan daging sapi tanpa lemak merupakan pilihan terbaik jika Anda harus mengonsumsi daging.

Dan, Anda harus mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati lainnya seperti biji-bijian dan kacang-kacangan harus menjadi dasar pola makan Anda.

Selain itu, mengonsumsi lebih sedikit makanan berkalori tinggi, seperti karbohidrat olahan dan lemak yang berasal dari sumber hewani, dapat membantu Anda menjadi lebih ringan dan ramping. Selain itu, wanita yang mengikuti pola makan Mediterania yang mencakup minyak zaitun extra-virgin dan berbagai jenis kacang-kacangan mungkin memiliki peluang lebih rendah terkena kanker payudara. Makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan, menyediakan sebagian besar kalori dalam diet Mediterania.

7. Batasi Asupan Alkohol Anda

Jika Anda lebih suka mengonsumsi minuman beralkohol , usahakan asupan Anda rata-rata satu gelas per hari. Penggunaan alkohol berlebihan meningkatkan risiko penyakit ganas pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar, serta risiko kanker payudara pada wanita, menurut American Cancer Society.

Merokok meningkatkan risiko beberapa jenis kanker yang disebabkan oleh minuman keras. Anda dapat dengan mudah membatasi asupan alkohol dengan mencatat jumlah minuman Anda. Selain itu, Anda dapat mencoba berolahraga ketika Anda sedang mengidam alkohol dan mencoba minum lebih banyak air , dan juga menghilangkan semua alkohol dari rumah dapat membantu Anda. Dan, jika Anda masih belum bisa mengontrol asupan alkohol, Anda bisa meminta bantuan teman atau keluarga.

6. Lindungi Kulit Anda

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi, namun juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah. Radiasi UV dari matahari, lampu matahari, dan tanning bed semuanya berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit jika tidak dilindungi.

Hindari berada di bawah sinar matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari sedang paling terik. Saat Anda berada di luar, usahakan untuk menjauhi sinar matahari sejauh mungkin.

Kacamata hitam dan topi bertepi lebar juga bermanfaat. Lindungi bagian yang terbuka. Kenakan pakaian yang tenunannya padat dan longgar serta menutupi sebanyak mungkin kulit Anda. Selain itu, jangan berhemat pada perlindungan terhadap sinar matahari. Bahkan pada hari mendung, lindungi kulit Anda dengan tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 15, dan beberapa dokter menyarankan penggunaan SPF 30.

Ingin mengurangi risiko kanker Anda? Oleskan tabir surya sebanyak-banyaknya , dan aplikasikan kembali setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berenang atau banyak berkeringat. Hindari penggunaan tanning bed atau penggunaan sunlamp. Hal ini sama berbahayanya dengan paparan sinar matahari alami.

Ilustrasi anak konsumsi minuman manis.

Photo :
  • Pixabay.

5. Hindari Minuman Manis

Ingin mengurangi risiko kanker Anda? Minuman manis harus dihindari, dan makanan berkalori tinggi harus dikonsumsi secukupnya. Collins menunjukkan bahwa meskipun makanan tersebut mungkin tidak secara langsung menyebabkan kanker, makanan tersebut dapat membuat Anda mengonsumsi kalori secara berlebihan jika Anda melakukannya secara teratur. Sebaliknya, Dokter menganjurkan untuk mengonsumsi cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang sehat.

Bukan hanya kanker, diabetes tipe 2, yang menyerang individu di seluruh dunia, juga merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita manusia. Mereka yang mengonsumsi minuman berkarbonasi secara teratur memiliki kemungkinan 1,1% lebih besar terkena penyakit ini.

Sebagai gambaran, jika seluruh penduduk Amerika Serikat meminum minuman manis secara teratur, sekitar 3,6 juta orang tambahan akan terkena diabetes tipe 2. Gula meningkatkan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Orang yang rutin mengonsumsi minuman manis, baik minuman dingin, jus buah, atau kopi manis (atau kombinasi keduanya), terbukti mengalami kenaikan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang menjalani pola makan sehat .

4. Dapatkan Vaksinasi

Para ilmuwan telah menciptakan vaksinasi yang melindungi tubuh Anda dari virus penyebab kanker, seperti human papillomavirus (HPV). Perlindungan terhadap beberapa infeksi virus merupakan bagian penting dari pencegahan kanker atau untuk mengurangi risiko kanker Anda.

Peluang seseorang untuk tertular kanker hati meningkat jika ia mengidap hepatitis B. Orang dewasa tertentu yang berisiko tinggi terkena hepatitis B disarankan untuk menerima vaksin. Orang dewasa ini termasuk mereka yang aktif secara seksual tetapi tidak berada dalam hubungan monogami, orang yang menderita infeksi menular seksual, orang yang menggunakan obat-obatan terlarang, pria yang berhubungan seks dengan pria lain, dan profesional kesehatan atau keselamatan publik yang mungkin melakukan kontak. dengan darah atau cairan tubuh yang terinfeksi.

HPV adalah virus yang ditularkan melalui hubungan seksual dan telah dikaitkan dengan penyakit ganas serviks dan alat kelamin lainnya, serta karsinoma sel skuamosa pada leher dan kepala. Vaksinasi HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan laki-laki berusia antara 11 dan 12 tahun. Penggunaan vaksinasi Gardasil 9 untuk pria dan wanita berusia antara 9 dan 45 tahun baru saja disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

3. Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Jadikan tidur malam yang cukup sebagai prioritas. Yang pasti, penelitian yang menghubungkan kurang tidur dan kanker belum meyakinkan. Di sisi lain, kualitas tidur yang buruk dan kurang berhubungan dengan penambahan berat badan , yang merupakan faktor risiko kanker.

Menurut penelitian, mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam memiliki peluang lebih besar untuk meninggal karena sebab apa pun, dan sebuah penelitian berskala besar menemukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker.

Sudah diterima secara luas bahwa tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan manusia. Tidur tampaknya mempunyai pengaruh pada hampir semua sistem tubuh, dan penelitian menunjukkan bahwa tidur mungkin berdampak pada kanker dalam berbagai cara. Satu atau lebih dari sistem ini dapat diubah oleh tidur sehingga meningkatkan kemungkinan terkena kanker, seperti otak, sistem kekebalan tubuh, penciptaan dan pengendalian hormon, metabolisme, berat badan, dan lain-lain.

Tidur mungkin berdampak pada cara sel berperilaku, memengaruhi lingkungan sekitar, atau sinyal yang memengaruhi perkembangan sel, dan banyak hal lainnya. Akan membantu jika Anda tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam .

2. Hindari Perilaku Berisiko

Strategi pencegahan kanker lain yang efektif adalah dengan menghindari aktivitas berbahaya yang dapat mengakibatkan infeksi yang, pada gilirannya, dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya penyakit. Batasi jumlah pasangan seksual, dan selalu kenakan kondom saat berhubungan intim.

Semakin banyak jumlah pasangan seksual yang Anda miliki sepanjang hidup Anda, semakin besar kemungkinan Anda tertular virus menular seksual seperti HIV atau HPV. Orang yang terinfeksi HIV atau AIDS memiliki kemungkinan lebih besar terkena kanker rektum, hati, dan paru-paru.

Kanker serviks adalah jenis kanker terkait HPV yang paling umum, meskipun virus ini juga dapat meningkatkan risiko kanker rektum, kelenjar, tenggorokan, vulva, dan rahim. Selain itu, berbagi jarum suntik dengan pengguna obat-obatan terlarang dapat menyebarkan HIV serta hepatitis B dan C, yang keduanya meningkatkan kemungkinan terkena kanker hati dalam jangka panjang. Jika Anda mempunyai kekhawatiran tentang penyalahgunaan atau kecanduan narkoba, Anda harus mencari bantuan profesional.

1.Dapatkan Perawatan Medis Secara Teratur

Mempertahankan perawatan medis dasar adalah salah satu metode paling efektif untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker. Setiap tahun, Anda harus menjalani pemeriksaan fisik. Pemeriksaan diri dan pemeriksaan rutin untuk berbagai bentuk kanker, seperti; Kanker kulit, usus besar, serviks, dan payudara. Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendeteksi kanker sejak dini, saat pengobatan kemungkinan besar akan efektif, sehingga mengurangi risiko kematian. Tanyakan kepada dokter Anda tentang jadwal pemeriksaan kanker yang paling tepat untuk Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya