Lakukan Pola Hidup Sehat Ini Selama Puasa Ramadhan

Ilustrasi holistik kesehatan.
Sumber :
  • Advancing Your Health

VIVA – Memasuki bulan Ramadhan, rutinitas sehari-hari akan berubah. Ini termasuk mengubah kebiasaan makan dan tidur. Setelah perubahan pola ini terjadi, tubuh perlu menyesuaikan diri secara otomatis. Tubuh yang sehat dan bugar pasti akan membantu sahabat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional pada Senin, 18 Maret 2024 ada rencana yang harus digunakan agar kuat untuk berpuasa sambil menjalankan aktivitas sehari-hari serta menjalankan ibadah dengan stamina terbaik. Selama bulan Ramadhan, simak saran pola hidup sehat ini. 

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Photo :
  • Sequis
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

1. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi 

Kekurangan cairan dapat menyebabkan Anda lesu dan lemas. Minimal delapan gelas air sehari akan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Selama puasa, anda dapat membagi jumlah air yang anda minum menjadi dua gelas saat berbuka, empat gelas antara buka dan sahur, dan dua gelas lagi saat sahur. Kurangi minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan kehilangan cairan dalam tubuh Anda.

2. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur memberi energi untuk melanjutkan hari. Jangan lewatkan sahur karena itu memiliki keberkahan. Untuk sahur, usahakan untuk makan makanan yang baik untuk kesehatan anda.

Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, beras merah, oatmeal, dan biji-bijian dapat membantu anda tetap kenyang. Makanan yang kaya akan protein juga dapat membuat anda lebih berenergi karena berfungsi sebagai cadangan energi. 

Perbanyak konsumsi sayur dan buah karena mereka penuh dengan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu, sayur tinggi serat membuat anda merasa kenyang lebih lama karena dicerna dengan perlahan.

3. Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Saat menjelang berbuka puasa, kita mungkin sangat lapar dan ingin memasak atau membeli banyak hal. Seringkali kita ingin membalas dendam, jadi kita makan sampai kenyang tanpa mempertimbangkan apa yang kita makan.

Hal ini dapat menyebabkan mengalami masalah pencernaan dan mungkin bertambah berat badan di akhir Ramadhan. Selain itu, Rasulullah Saw berkata, "tidak ada bejana dipenuhi oleh manusia yang lebih buruk daripada perutnya". (HR. Tirmidzi, No 2380). 

4. Sempatkan Waktu untuk Berolahraga Agar Tetap Sehat

Semua orang dapat meluangkan waktu untuk berolahraga. Untuk mencegah dehidrasi, olahraga yang dipilih harus ringan dan dilakukan antara setelah sahur atau menjelang berbuka. Bersepeda, jalan santai, latihan beban, yoga, dan pilates adalah beberapa jenis olahraga yang dapat Anda coba selama berpuasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya