Mau Turun Berat Badan 10 Kilogram Dalam Waktu Singkat, Yuk Coba 7 Cara Ini!

Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Bila kamu ingin menurunkan berat badan, penting untuk mencari cara yang efektif dan aman bagi tubuh. Apalagi bila targetnya cukup ekstrem seperti mengurangi 10 kilogram dalam waktu singkat. 

5 Olahraga Kardio Ringan Tanpa Alat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Meskipun tantangannya besar, ada beberapa metode yang dapat dipertimbangkan untuk mencapai tujuan tersebut tanpa mengorbankan kesehatan. Bagaimana caranya? Yuk scroll untuk info lebih lanjut!

Hal penting yang tidak boleh disepelekan adalah memperhatikan pola makan. Mengatur pola makan dengan mengurangi asupan kalori secara bertahap dan memilih makanan yang rendah lemak serta tinggi serat dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

6 Cara Konsumsi Tofu Bikin Turun Berat Badan, Ini Resep Lezatnya!

Selain mengatur pola makan, olahraga juga memegang peranan penting dalam menurunkan berat badan secara efektif. Kombinasi antara olahraga rutin dan pola makan yang tepat dapat  meningkatkan metabolisme tubuh.

Lalu, yang tak kalah penting dari semua proses itu adalah konsistensi dalam menjalankan program diet tersebut. Melansir dari Only My Health, untuk menurunkan berat badan hingga 10 kilogram, idealnya membutuhkan waktu 2,5 sampai 5 bulan.

Khasiat Ajaib Jus Timun untuk Menurunkan Berat Badan, Yuk Coba Resepnya!

7 Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kilogram 

Ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Freepik

Berikut tujuh tips esensial untuk menurunkan berat badan hingga 10 kilogram:

1. Mengonsumsi Sayuran

Di urutan pertama, kamu perlu mengonsumsi sayur-sayuran. Sayuran rendah kalori dan tinggi serat seperti brokoli, bayam, kubis, dan kacang polong dapat membantu mengisi perut tanpa menambah banyak kalori.

2. Ganti Camilan dengan Buah-buahan 

Selain itu, kamu juga disarankan mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan. Misalnya saja, apel, pir, jeruk, dan buah beri yang mengandung tinggi serat dan air untuk membantu mengontrol nafsu makan. 
 

3. Konsumsi Makanan dengan Protein Tanpa Lemak

Untuk lauknya, kamu bisa mencoba makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Misalnya, ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan itu adalah sumber protein yang membantu mempertahankan massa otot dan mempercepat metabolisme.

4. Pilih Karbohidrat Kompleks

Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan oatmeal yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga memberikan energi yang stabil dan mengurangi rasa lapar. 

5. Coba Makanan dengan Lemak Sehat

Lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseeds, dan minyak zaitun. Lemak sehat ini membantu menjaga kesehatan jantung dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

6. Latihan Kardio

Selain mengatur pola makan sedemikian rupa, kamu juga perlu berolahraga. Kamu bisa mencoba latihan kardio seperti berlari, bersepeda, berenang, atau berjalan cepat. Latihan-latihan tersebut menjadi cara efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

7. Angkat Beban

Melatih kekuatan otot seperti olahraga angkat beban atau latihan tubuh menggunakan berat badan, dapat membantu tubuh membangun otot, yang sekaligus efektif dalam pembakaran kalori bahkan ketika istirahat.

Itulah cara menurunkan berat badan hingga 10 kilogram dalam waktu singkat. Kombinasi dari pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan secara efektif dan aman. 

Ingatlah, konsistensi dalam menerapkan kedua hal ini akan membantumu mencapai tujuan penurunan berat badan dalam jangka waktu yang sehat dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya