7 Minuman Ampuh untuk Membantu Menghancurkan Lemak di Tubuh

Teh hijau/green tea
Sumber :
  • Pexels/maria tyutina

VIVA Lifestyle – Menyingkirkan lemak membandel di tubuh memang bukan perkara mudah. Diperlukan usaha dan dedikasi tinggi, termasuk dalam hal pola makan dan minum.

Jangan Terjebak! Begini Cara Mengenali dan Menghindari Obat Palsu

Selain berolahraga rutin dan menjaga pola makan sehat, konsumsi minuman tertentu juga dapat membantu proses pembakaran lemak dan mendukung program penurunan berat badan Anda.

Berikut 7 minuman yang ampuh membantu menghancurkan lemak di tubuh:

Ramalan Zodiak Senin 22 Juli 2024, Gemini: Pikir Baik-baik Sebelum Mengambil Keputusan

1. Air Putih

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • Pixabay
Bersepeda Vs Skipping, Mana yang Lebih Efektif Bakar Lemak Perut?

Air putih mungkin tampak sederhana, namun perannya sangat penting dalam proses pembakaran lemak. Air membantu tubuh membuang racun dan produk sampingan metabolisme, meningkatkan detoksifikasi, dan menjaga metabolisme tetap optimal. Minum air putih yang cukup (minimal 8 gelas per hari) dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak.

2. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau kaya akan antioksidan katekin, terutama EGCG (epigallocatechin gallate), yang telah terbukti meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Katekin membantu tubuh membakar lemak dengan meningkatkan thermogenesis, yaitu proses produksi panas yang membakar kalori. Teh hijau juga membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga membantu mengontrol asupan kalori.

3. Air Lemon

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • Unsplash

Air lemon mengandung vitamin C dan pektin, serat larut yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Minum air lemon di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Tambahkan perasan lemon ke dalam air putih Anda untuk meningkatkan manfaatnya.

4. Teh Jahe

Teh jahe.

Photo :
  • thedailymeal

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan pencernaan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Minum teh jahe hangat dapat membantu meredakan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang, serta membantu tubuh membakar lemak yang tersimpan.

5. Cuka Apel

Ilustrasi cuka apel.

Photo :
  • Istimewa/Vegan Kitchen

Cuka apel mengandung asam asetat, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Minum cuka apel yang dicampur dengan air sebelum makan dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan membakar lebih banyak lemak.

6. Teh Hitam

Ilustrasi Teh Hitam

Photo :
  • Pixabay

Teh hitam mengandung kafein dan antioksidan polifenol yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Teh hitam juga membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan, yang dapat membantu Anda berolahraga lebih efektif dan membakar lebih banyak kalori.

Kopi hitam tanpa kafein

Photo :
  • Eat This

Kopi hitam tanpa gula dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti tubuh membakar kalori lebih banyak, bahkan saat istirahat. Hal ini disebabkan oleh kafein yang merangsang termogenesis, proses di mana tubuh menghasilkan panas dan membakar kalori.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi hitam dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh hingga 10%. Manfaat ini dapat membantu dalam program penurunan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

Dengan mengonsumsi minuman-minuman ini dan menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat mencapai tujuan penurunan berat badan dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan ideal.

Namun, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program penurunan berat badan apa pun, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya