5 Manfaat Bercinta Bagi Pria

Ilustrasi pasangan bercinta
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Komarudin Watubun Tegaskan Gibran Bukan Kader PDIP Lagi
Pernahkah Anda mendengar lagu yang berjudul "Sexual Healing"? Ini bukan sekedar metafora. Bercinta memang punya manfaat penyembuhan. Menurut sejumlah studi, bercinta dapat menyembuhkan beberapa masalah kesehatan baik itu pada tubuh dan pikiran serta mencegah banyak penyakit.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Beberapa orang juga mengatakan bahwa bercinta adalah obat pertama yang pernah dikenal manusia. Tidak percaya? Simak lima manfaat bercinta di bawah ini, terutama bagi kaum Adam, seperti dilansir
Simone Inzaghi Menolak Dianggap Paling Berjasa bagi Inter Milan
Times of India:

Lebih bugar


Bercinta adalah sebuah bentuk aktivitas fisik. Saat bercinta, terjadi perubahan fisiologis yan konsisten dalam tubuh Anda seperti sedang berolahraga. Itulah sebabnya Anda membakar kalori saat sedang bercinta. Jika Anda bercinta sebanyak tiga kali seminggu selama 15 menit, Anda akan membakar sekitar 7.500 kalori dalam setahun. Itu setara dengan joging sejauh 75 mil. Nafas berat meningkatkan jumlah oksigen dalam sel Anda dan testosteron yang dihasilkan saat bercinta membuat tulang dan otot yang kuat.


Mengatasi nyeri


Saat bercinta, baik pria dan wanita memproduksi endorfin, hormon yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Sebuah studi yang dilakukan oleh Gina Ogden menunjukkan bahwa selama rangsangan seksual dan khususnya selama orgasme, manusia tidak dapat merasakan sakit. Selain itu, bercinta juga baik untuk seluruh sistem reproduksi, karena melatih otot PC yang menjaga bentuk organ reproduksi. Pada wanita, bercinta juga dapat meningkatkan kesuburan, menunda menopause dan meringankan gejala menstruasi.


Perlindungan prostat


Sebagian besar cairan yang diproduksi saat ejakulasi disekresikan oleh kelenjar prostat. Jika Anda berhenti ejakulasi, cairan tersebut tetap berada di dalam kelenjar yang kemudian cenderung membengkak dan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Ejakulasi secara teratur akan membuat cairan tersebut keluar dan menjamin kesehatan prostat Anda hingga usia tua. Beberapa masalah kesehatan juga dapat terjadi bila Anda tiba-tiba mengubah frekuensi ejakulasi.


Mencegah disfungsi ereksi


Lima puluh persen pria yang usianya lebih dari 40 tahun rata-rata menderita disfungsi ereksi. Coba tebak apa obat terbaik yang mampu menyembuhkan disfungsi ereksi? Ya, bercinta. Saat ereksi, darah terus mengalir melalui pembuluh arteri di pada organ intim pria yang menjaga jaringan tersebut tetap sehat.


Menghilangkan stres


Ini adalah fakta ilmiah, bercinta dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres. Saat sedang bercinta, tubuh Anda memproduksi dopamin, zat yang melawan hormon stres, endorfin atau "hormon kebahagiaan" dan oksitosin, hormon yang mampu meningkatkan keinginan akan sesuatu yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya