Lima Persiapan Sebelum Memiliki Anak

Ilustrasi ibu dan anak main ponsel atau gadget
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memasuki tahun pertama pernikahan, masa-masa indah pasti dijadikan hanya untuk berdua. Namun pasti ada saat di mana Anda mulai merindukan adanya tangis bayi di kehidupan Anda dan pasangan.

Namun, apakah Anda sudah siap menjadi orangtua? Atau ini hanya perasaan sesaat? Nah, sebelum berencana menjadi orangtua, ada beberapa hal yang juga harus dipertimbangkan. Apa sajakah? Ini dia ulasan singkatnya menurut Times of India.

Keuangan

Memiliki anak bukan sekadar membawanya saat hamil dan melahirkannya ke dunia. Memiliki anak juga membawa beban besar bagi Anda, para orangtua, terutama dalam segi ekonomi.

Alasan Jessica Iskandar Belum Mau Buka Hati untuk Pria

Sebelum memutuskan untuk memiliki momongan, pastikan bahwa keadaan keuangan dalam rumah tangga Anda sedang berada dalam keadaan yang baik. Sebab jika tidak, sang buah hati yang akan terkena dampaknya, nanti.

Kehidupan rumah tangga

Kehidupan Anda dan pasangan dalam rumah tangga juga harus diperhatikan jika ingin memiliki momongan. Jika hubungan suami-istri saja kurang terjalin baik, bagaimana nanti hubungan dengan anak? Pastikan juga rumah tangga Anda berada dalam suasana baik, tidak penuh pertengkaran, yang membahayakan tumbuh kembang buah hati.

Kesehatan genetik

Penting juga untuk diketahui seberapa sehat Anda dan pasangan secara seksual. Pastikan gen calon ibu dan ayah tidak memiliki gangguan yag akan membuat buah hati mengalami ketidak sempurnaan saat lahir. Jika memiliki kekurangan, segera konsultasikan ke dokter dan konsultan masalah rumah tangga, agar mendapat solusi tepat.

Kekuatan mental

Menjadi orangtua adalah perkara yang sulit. Orangtua baru harus siap mental untuk mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. Selain perubahan pola tidur karena si kecil, waktu bersama teman atau memanjakan diri sendiri, juga harus direlakan untuk mengurus buah hati. Sebelum Anda siap menjalaninya, sebaiknya urungkan niat menjadi orangtua.

Kekompakkan pasangan

Yang terpenting untuk dipikirkan sebelum menjadi orangtua ialah, apakah hubungan Anda dan pasangan sudah kuat? Sebab, yang menjadi kunci penting tumbuh kembang optimal bayi adalah kuatnya hubungan orangtuanya.

Merawat dan membesarkan anak adalah tugas tim yang harus dilakukan secara bersama-sama, tak bisa berat sebelah. Sebab, masa depan anak ada di tangan Anda dan pasangan.

Baca juga:


Masih Sering Bentak Anak? Pahami Risikonya
Ibu dan anak.

Pentingnya Konsistensi Saat Mendidik Si Kecil

Apa yang dilakukan orangtua akan ditiru oleh anak.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016