Cara Mempercepat Pemulihan Paska Operasi Jantung

Jantung yang sehat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Penyakit jantung, adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, khususnya di Indonesia. Penyakit ini bisa datang karena adanya riwayat, maupun gaya hidup yang tak sesuai aturan. Ketika penyakit jantung sudah menginjak tahap serius, maka penanganan yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan bedah jantung.

Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat

Namun, tak cukup dengan operasi saja, tindakan-tindakan paska operasi jantung, juga sedikit banyak memengaruhi keoptimalan proses penyembuhan dan pemulihan gangguan jantung.

Saat diwawancara Viva.co.id, Selasa 24 Februari 2015, dr Hariadi Hadibrata SpBTKV, ada beberapa hal yang bisa dilakukan paska operasi bedah jantung, yang dapat membantu proses pemulihan organ itu, di antaranya:

Fisioterapi

Fisioterapi, adalah tindak lanjut yang harus dilakukan setelah seseorang melakukan operasi bedah jantung. Pasalnya, walaupun saluruh darah pada jantung sudah diperbaharui, namun jantung masih membutuhkan waktu untuk proses pemulihan.

10 Daftar Buah untuk Menguatkan Jantung Lemah

Fisioterapi adalah sebuah cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan hasil dari operasi bedah jantung tersebut. Lakukan fisioterapi selama 1-2 bulan, agar jantung lebih sehat seperti sebelum pelaksanaan operasi.
 
Tetap Beraktivitas

Setelah operasi bedah, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk beraktivitas. Faktanya, Anda tetap diperbolehkan melakukan segala aktivitas dan rutinitas yang biasa dilakukan sebelum operasi. Namun jangan berlebihan, karena organ jantung Anda masih belum cukup kuat untuk memompa darah terlalu banyak.

Olahraga teratur

Olahraga, juga bisa dilakukan setelah Anda melakukan operasi bedah jantung. Tapi berhati-hatilah, lakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan, renang, dan golf, yang tetap bermanfaat bagi jantung, namun tak berbahaya bagi organ vital tersebut.

Minum obat teratur

Setelah operasi, bukan berarti obat tidak dibutuhkan oleh tubuh kita. Pasalnya, operasi yang dilakukan, sedikit banyak melibatkan benda-benda asing, seperti katup, benang jahit, dan beberapa benda lain yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu dibutuhkan obat untuk mendampingi dan melindungi tubuh dari gangguan-gangguan yang terjadi karena penggunaan benda asing dalam tubuh.

Selain itu, untuk mengoptimalkan hasil operasi, biasakan untuk menjaga pola makan atau diet. Jangan lahap makanan yang banyak lemak dan minyak, karena bisa memancing kolesterol, dan mampu memicu penyakit jantung. Jagalah jantung demi kesehatan dan kelangsungan hidup yang lebih baik.

Studi: Minuman Energi Dapat Membuat Irama Jantung Abnormal

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya