Apa Tanda Kesehatan Jantung Kita Terganggu?

Ilustrasi alat atau monitor detak jantung
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Penyakit jantung adalah penyakit terbanyak menyebabkan kematian di dunia. Namun, penanganannya bisa saja membuahkan hasil bila dilakukan pencegahan sejak dini. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa tubuhnya sedang memberikan sinyal adanya gangguan pada jantung.

Hal ini yang kemudian membuat penanganan penyakit jantung biasanya terlambat dan tidak optimal. Lantas, apa saja pertanda yang sering diremehkan orang mengenai penyakit jantung? Berikut, informasinya seperti dilansir dari Foxnews:

Mudah lelah

Tidur sudah cukup, hidrasi baik, namun mengapa masih cepat lelah ya? Bisa jadi, hal tersebut adalah tanda adanya gangguan pada jantung. Namun, sayangnya banyak orang yang menyepelekan rasa mudah lelah ini dan menganggapnya hanya gejala kelelahan biasa.

Padahal, rasa lelah yang dirasakan tersebut bisa jadi berasal dari kadar oksigen yang berkurang dalam tubuh, karena kinerja jantung yang berkurang. Untuk itu, segeralah perikasa ke dokter bila Anda mengalami gejala ini, sebelum nanti terlambat.

Kaki bengkak


Bengkak pada kaki, bukan hanya terjadi sebagai efek samping dari kehamilan semata. Namun, bengkak ini juga bisa menjadi tanda dari ganggung jantung yang mengancam kesehatan Anda.

Awas, Risiko Penyakit Jantung Muncul sebelum Menopause

Menurut Profesor Michael Miller, ahli penyakit kardiovaskuler di University of Maryland, bengkak pada kaki ini, karena katup pada jantung yang gagal menutup secara sempurna. "Bisa juga diikuti dengan gejala sulit bernapas dan pusing," ujarnya. Jika sudah terjadi hal ini, sebaiknya segera konsultasi pada dokter.

Sulit bernapas

Napas pendek, bahkan saat dalam keadaan biasa dan santai. Itu bisa juga menjadi salah satu tanda, tubuh memberi sinyal adanya gangguan pada jantung. Hal ini, disebabkan ketidakoptimalan jantung memompa darah, yang akan berakibat dengan penumpukan darah di pembuluh menuju paru-paru.

Hal ini akan membuat kita kesulitan bernapas dan mengalami sesak. Solusinya mudah, lakukan olahraga jantung sehat secara rutin, untuk mengembalikan kinerja jantung ke kondisi semula.

Sakit saat berjalan

Pernah mengeluhkan sakit pada bagian pinggul ke bawah saat sedang berjalan? Jika ya, mungkin saja Anda memiliki gangguan jantung. Sebab, kurangnya berolahraga yang kemudian menyebabkan sakit pada bagian kaki, bisa menjadi salah satu kelainan arteri jantung yang biasa disebut PAD.

Seseorang yang mengidap PAD, memiliki risiko terkena penyakit jantung yang 50 persen lebih besar daripada yang tidak mengidap PAD. Untuk itu, cegahlah penyakit ini, dengan olahraga teratur yang bisa menyehatkan tubuh dan jantung kita. (asp)

![vivamore="
Empat Penyebab Tak Terduga dari Serangan Jantung
Baca Juga :"]
Jangan Sepelekan Jantung yang Berdebar



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya