Peran Penting Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Ayah dan anak.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Si Mungil Keranjingan Games
- Hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda, saat berbicara mengenai perawatan bayi, tentunya ibu. Ya, ibu memang memegang peran penting dalam setiap momen tumbuh kembang buah hati, bahkan saat ia masih berada dalam kandungan.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Namun, selain peran penting ibu yang merawat dan menjaga bayi, dibutuhkan sosok pendamping yang tak kalah penting, yakni ayah. Menurut dokter Anne Gracia, seorang praktisi Neurosains Terapan, keterlibatan ayah dalam merawat bayi sejak masa kelahiran, adalah hal yang sangat penting.
Kurang Tidur Menghambat Pertumbuhan Tulang Anak


"Sosok ayah dapat memaksimalkan perkembangan fungsi indera, gerak, dan kecerdasan kognitif anak," ujarnya di acara Zwitsal "Suamiku, Ayah Luar Biasa" yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2015.


Anne menambahkan, adanya keterlibatan ayah dalam proses pertumbuhan anak, juga bisa menjadi penyeimbang dan pembeda, bagi bayi, agar sadar akan perbedaan yang diwujudkan melalui sosok ayah dan bunda. "Melibatkan sosok ayah dalam proses tumbuh kembang anak, sangat penting untuk dilakukan, dan kalau bisa dilakukan sedini mungkin," tutur Anne.

 

Walau tak terlalu lama, peran ayah tetap dibutuhkan untuk melakukan sentuhan, aktivitas verbal, serta kegiatan lain dengan si kecil, yang dapat mempererat hubungan ayah dengan anaknya nanti. (art)


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya