Merawat Tumbuh Kembang Anak, Hindari Tiga Hal Ini

Ilustrasi ibu dan anak
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda pasti ingin membesarkan anak dengan cara yang sehat, agar buah hati tumbuh sebagai manusia sempurna. Sayangnya, banyak orangtua justru salah dalam memilih cara membesarkan putra-putri mereka.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Dikutip dari Health.com, berikut tiga cara ngawur dalam membesarkan anak, yang harus Anda hindari.

Baca juga:

1. Memaksa si kecil habiskan makanan

Lauren Levine, MD dokter penyakit anak dari Columbia Doctors Midtown di New York City menjelaskan, banyak ibu yang tidak tahu kapan perut anak lapar. Akibatnya, anak yang perutnya masih kenyang akan menolak makanan yang disajikan.

Kurang Tidur Menghambat Pertumbuhan Tulang Anak

Menurut penelitian di Cornell University experts, orang dewasa akan melahap apapun yang tersedia di meja, namun hal ini berbeda dengan anak-anak. Studi menyebut, mereka sebenarnya cenderung hanya akan memakan 60 persen saja hidangan di meja, dan itu normal menurut pemikiran anak. Jadi, jangan selalu memaksa anak menghabiskan makanan.


2. Membiarkan si kecil banyak tidur di rumah

Tidur dalam proporsi yang tepat akan menyehatkan, namun kalau anak Anda terlihat malas, tidur terus tanpa mau menggerakkan badan, itu bahaya. Kalau orang dewasa rajin melakukan olah tubuh di gym, maka biasakan si kecil melakukan gerak tubuh di rumah. Tak perlu lama-lama, yang penting buat badannya bergerak.

Jika ia anak pria, biarkan si kecil bermain bola di pekarangan rumah, satu jam saja sudah cukup untuk membuat organ-organ tubuhnya terpakai maksimal. Dengan demikian, ia akan merasa terbiasa melakukan aktivitas fisik hingga dewasa kelak.

3. Tak melarang anak makan sambil nonton televisi

Lauren sangat menyayangkan, para ibu yang membiarkan anak mereka makan sambil nonton film kartun di televisi. Bahaya dari kegiatan ini, karena asik menonton film, si kecil jadi tidak sadar bahwa perutnya sudah kenyang. Apalagi jika ternyata makanan yang ia telan mengandung gula, soda, atau junk food lainnya, akibatnya si kecil bisa mengalami kegemukan.

Mengatur Waktu Makan yang Tepat untuk Anak

(mus)


Ilustrasi video game.

Si Mungil Keranjingan Games

Tak melulu negatif, tapi orangtua tak boleh abai.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016