Dampak Buruk Dunia Mode bagi Kesehatan

Ilustrasi sepatu bot hitam dan celana denim
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dunia mode bergerak begitu cepat, seakan berdampingan dengan pesatnya laju teknologi. Namun ternyata perkembangan fesyen juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Sosok Jenderal TNI Bintang 1 Termuda, Eks Pentolan Grup 2 Kopassus

Apa saja perkembangan mode yang membawa masalah itu? Berikut informasinya dikutip dari Times of India.

Jeans ketat


Pakaian jenis ini adalah salah satu buah karya fesyen, yang berkembang dan banyak digemari orang. Namun siapa sangka, mengikuti perkembangan mode dengan menggunakan jeans ketat, bisa merusak kesehatan.

Salah satunya ialah dengan munculnya kelainan saraf, ketika Anda menggunakan celana yang terlalu sempit. Penggunaan jeans ketat, juga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah, yang berdampak dengan gejala pusing, kram dan kesemutan.

Sepatu hak tinggi

Setiap wanita, khususnya yang wanita karier, pasti setidaknya memiliki satu pasang high heels yang digunakan untuk beraktivitas. Namun, penggunaan high heels yang terlalu sering, ternyata bisa memberikan dampak buruk pada tubuh, khususnya pada bagian lutut, pinggang, serta punggung, yang bisa dialami oleh wanita berusia 25 tahun ke atas.
 
Jika ingin aman, sebaiknya gunakanlah sepatu dengan hak sedang dan tidak lancip. Dengan begitu, kaki akan lebih nyaman, dan risiko penyakit bisa terhindarkan.

Pewarna rambut

Tidak hanya pakaian saja yang menjadi buah karya fesyen terkini, rambut juga menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan mode modern. Tak heran, beragam jenis dan merek pewarna rambut kini ditemui dipasaran, dengan harga yang beragam.

Namun, ragam jenis dan harga tersebut, memunculkan pertanyaan, amankah pewarna rambut tersebut? Apa saja kandungannya?

Faktanya, zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut, bisa memberikan efek samping yang bisa menyebabkan kerusakan rambut seperti kerontokan, ketombe, hingga muculnya uban sebelum waktunya. Untuk itu, penggunaannya sebaiknya dibatasi demi mengurangi efek sampingnya.

Riasan wajah


Menggunakan riasan yang terlalu tebal, khususnya di daerah mata, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam alat rias, bisa saja menyebabkan reaksi kimia dan alergi yang bisa berbahaya bagi mata.

Selain itu, kandungan berbahayanya juga bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan komlikasi yang berbahaya. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah riasan yang tidak terlalu tebal, dan pastikan untuk selalu membersihkan riasan setelah berkegiatan.

Cek Fakta: Timnas Uzbekistan Diblacklist AFC dan FIFA karena Pakai Doping

Ilustrasi stiletto atau sepatu hak tinggi

Wanita, Empat Tren Mode Ini Bisa Bahayakan Kesehatan

Memakai hak tinggi terlalu lama menyebabkan kerusakan otot kaki.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2015