Manfaaat Detoksifikasi Tubuh dengan Teh Jahe

Ilustrasi teh jahe
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan
- Saat cuaca dingin datang, meneguk secangkir teh jahe hangat pasti akan sangat menghangatkan. Apalagi, bila ditambah dengan biskuit dan kue manis.

Survei Aksara: Persoalan Pengangguran Jadi Masalah Serius Kota Pekanbaru

Namun, selain dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan, minuman yang memiliki sensasi pedas ini, juga dapat memberikan khasiat kesehatan. Apa saja? Ini informasinya dilansir dari
Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi
Times of India.

Melawan flu


Secangkir teh jahe hangat, selain menghangatkan badan, juga bisa menjadi senjata pelawan flu dan pilek. Nuansa hangat yang diberikan oleh minuman ini, bisa menghangatkan tenggorokan, dan mengurangi gejala hidung tersumbat.


Rasa hangatnya, juga bisa meningkatkan sistem imun dan menambah energi, yang bisa mengembalikan kesehatan tubuh.


Menambah nafsu makan


Kebaikan dari minuman hangat ini, juga bisa menambah nafsu makan untuk Anda yang mengalami kesulitan mengisi perut. Karena, rasa pedas dan hangat yang dimiliki teh jahe, mampu merangsang indera pengecapan dan organ cerna, yang akan membuat nafsu makan bertambah.


Jika ingin menambah selera, Anda bisa tambahkan madu atau perasan lemon pada teh jahe, yang akan semakin menambah rasanya.


Membersihkan racun tubuh


Kandungan baik dalam teh jahe, ternyata juga bisa berperan sebagai antioksidan, yang melawan berbagai jenis racun dalam tubuh. Dengan meminum teh jahe, proses detoks pada tubuh, dapat keluar dan membuat badan terasa lebih bersih dan sehat.


Hangatnya minuman ini, juga bisa meningkatkan jumlah keringat, yang merupakan pertanda baik bagi detoksifikasi.


Menenangkan pikiran


Satu lagi, khasiat yang dimiliki oleh teh jahe ini, adalah sebagai penenang pikiran. Menengguk secangkir teh jahe hangat, bisa membantu otak melepaskan hormon anti stres yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan bahagia.


Kehangatan yang dimilikinya, lagi-lagi berkhasiat baik, yakni untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena banyaknya aktivitas. Meminum teh jahe setelah berkegiatan, bisa jadi menjadi kunci utama untuk membangkitkan semangat kembali menjalankan kesibukan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya