Bantal Menentukan Kualitas Tidur dan Kesehatan

Ilustrasi Kamar Tidur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dalam menjaga kualitas tidur, seseorang rela mengeluarkan kocek yang besar demi memilih tempat tidur yang tepat. Namun ternyata, ada hal yang luput dari pemikiran yakni bantal.

Ya, bantal juga bisa menjadi salah satu faktor penting dalam memeroleh tidur nyenyak. Hal ini dibenarkan Ana C. Kreiger, pakar kesehatan dari Weill Cornell Medical Center, di Amerika Serikat.

Menurut Ana, yang memengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur seseorang adalah jarak antara leher dengan kasur. Ana menjelaskan, bantal yang baik, adalah yang memosisikan bahu punggung dan pinggul dalam keadaan yang datar. Untuk itu, bantal yang rendah dan lunak adalah bantal yang terbaik untuk tidur Anda.

Dikutip dari Foxnews, bahan yang digunakan sebagai isian bantal juga bisa menentukan kenyamanan yang diberikan oleh bantal untuk tidur yang lebih berkualitas.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

"Ada beberapa bahan yang biasa digunakan, yakni bulu, kapuk, dan bahan sistetis yang menyerupai gumpalan kapas, setiap bahan memberikan dampak berbeda pada tidur Anda?" ujarnya.

Bantal dengan bahan kapuk atau bulu, terbukti dapat sangat nyaman dan sangat baik untuk tidur yang lebih nyenyak. "Karena bantal dengan bahan ini lebih mudah disesuaikan dengan bentuk kepala, sehingga tidak membuat kepala sulit bergerak," ungkap Ana.

Kapuk dan bulu dalam bantal, juga akan memberikan efek sejuk yang bisa menambah kualitas tidur Anda. Sedangkan, bantal dengan bahan isian sintesis, cenderung akan membuat bantal menjadi keras dan sulit disesuaikan dengan bentuk kepala.

Menggunakan bantal ini, akan memberikan rasa tak nyaman pada kepala dan leher bila posisi kepala diubah ketika tidur. Hal ini karena bantal sintesis tidak seelastis bantal bulu atau kapuk.

Jadi, jenis bantal mana yang akan Anda pilih? Kami berikan jawaban itu pada Anda. Yang terpenting, bijak memilih bantal yang terbaik untuk kenyamanan dan keoptimalan tidur, agar lebih nyaman dan menyenangkan.

Skutik Yamaha Grand Filano dan Yamah Fazzio

Daftar Lengkap Harga Motor Matic Yamaha per Mei 2024, Berapa Nmax dan Aerox?

Yamaha menjadi salah satu merek yang juga banyak diincar masyarakat untuk motor matic. Ada beberapa segmen yang ditawarkan oleh Yamaha seperti skutik model classy & maxi.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024