Waspada, Kurang Minum Sebabkan Infeksi Tubuh

Ilustrasi minum air putih
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Fakta yang tidak bisa dihindari ialah manusia membutuhkan air untuk hidup. Sebab, 70 persen dari tubuh manusia adalah air. Untuk itulah, keseimbangan kadar air dalam tubuh harus selalu dijaga. Selain dapat menyebabkan dehidrasi, kekurangan air bisa juga menyebabkan datangnya infeksi.

Dilansir oleh Dailymail, Dr.Roger Henderson menyatakan bahwa air adalah hal yang sangat penting bagi manusia. "Tubuh yang sangat kekurangan air, sama saja seperti kendaraan yang tidak memiliki bahan bakar, akan mengalami kesulitan," ujar Roger.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Kekurangan air, juga bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi, fokus, dan berdampak pada urine lebih pekat dan beraroma tak sedap.

Dehidrasi adalah salah satu dampak yang terjadi, yang bisa menyebabkan gejala kesehatan lain, seperti efek domino. Dari dehidrasi tersebut, gejala lain yang bisa ditimbulkan ketika tubuh kekurangan air, ialah munculnya migrain.

"Migrain terjadi karena kurangnya air, akan membuat darah lebih kental dan membuat sirkulasi darah ke otak terganggu," ucap Roger.

Selain itu, gejala yang lebih bahaya adalah munculnya batu ginjal, yang terjadi karena pengendapan zat dalam ginjal yang tak tersaring oleh tubuh karena kurangnya cairan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Hidrasi yang buruk dalam tubuh, juga bisa menyebabkan adanya infeksi pada beberapa organ yang mengalami peradangan. "Untuk itu air adalah hal yang harus selalu dijaga keseimbangannya," kata Roger.

Untuk kecantikan, kekurangan air putih juga bisa berdampak pada munculnya keriput lebih cepat dari waktunya. Hal ini berkaitan dengan kandungan air yang membuat kolagen dalam kulit, tidak berfungsi baik dan menyebabkan Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Presiden Soeharto

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Saat Soeharto menjabat presiden, empat jenderal ini menjadi orang yang menakutkan baginya. Sebab, keempat jenderal ini berani untuk menentang segala kebijakan orde baru.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024