Empat Tips Cegah Penyakit Batu Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda yang mengenal penyakit batu ginjal, pasti mengerti bahwa penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ia bisa muncul karena berbagai hal yang berdampak pada sistim pencernaan dan sekresi tubuh.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Untuk itu, baiknya penyakit ini dicegah agar tidak semakin membahayakan. Berikut cara menghalaunya menurut Times of India:

Jaga hidrasi

Menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya batu ginjal. Hal ini karena, batu dalam ginjal dapat terbentuk karena pengendapan cairan dalam ginjal karena kurangnya kadar air yang melarutkannya. Untuk itu air sangatlah penting untuk mencegah penyakit ini.

Hindari teh dan kopi

Minuman yang bersifat pekat seperti teh dan kopi, adalah jenis minuman yang sebaiknya dihindari jika Anda tak ingin ginjal Anda terancam. Sebab, ampas dari kedua minuman inilah, yang nantinya akan mengendap di ginjal dan perlahan membentuk batu ginal.

Untuk Anda yang menggilai kedua minuman ini, imbangilah dengan konsumsi air putih, agar tubuh kembali jernih dan bebas racun berbahaya.

Kendalikan konsumsi garam

Konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, dapat memicu perkembangan batu ginjal. Untuk itu, sebaiknya makanlah makanan yang sedikit mengandung garam dan lebih banyak mengandung serat. Dengan begitu, pencernaan lebih lancar dan ginjal akan lebih sehat.

Aktif olahraga

Salah satu cara mencegah batu ginjal, bisa dilakukan dengan menjalankan rutinitas olahraga yang aktif. Dengan olahraga aktif, sistem metabolisme semakin baik, yang akan berpengaruh pada risiko pembentukan batu ginjal yang akan semakin berkurang.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016