Beragam Pengobatan Ketika Alami `Kecelakaan` di Rumah

Ilustrasi perban atau luka bakar
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Rumah, bisa dibilang tempat paling aman, dan menjadi tujuan kita setelah seharian beraktivitas di luar. Namun, bukan berarti bahaya tidak bisa terjadi di rumah.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Sebab, nyatanya ada beberapa kecelakaan kecil, yang justru dapat terjadi di rumah. Apa saja itu, dan bagaimana cara mengatasinya jika hal itu terjadi? Simak ulasannya, dikutip dari laman Foxnews:

Tersayat

Untuk ibu rumah tangga, kecelakaan dapur seperti ini tentuya sudah menjadi salah satu pemakluman. Atasi dengan menutup luka sayatan dengan kain atau handuk bersih selama 10 sampai 20 menit hingga darahnya berhenti, lalu cuci dengan menggunakan air mengalir. Dengan bagitu, bakteri tak akan masuk ke dalam tangan dan menyebaban penyakt.

Terbakar

Kecelakaan dapur yang sering dialami, biasanya karena cipratan minyak panas, atau terbakar oleh wajan panas. Hal ini dapat diatasi dengan cara mendinginkan daerah yang terbakar dengan es batu, untuk menghentikan peradangan yang terjadi. Setelah itu Anda bisa gunakan salep atau krim luka bakar untuk mengurangi luka.

Gigitan serangga

Terkena gigitan serangga adalah kecelakaan kecil lain yang bisa terjadi di rumah. Untuk itu, siasati hal ini dengan cara membersihkan bekas sengatan, dan mengompres bengkaknya dengan es batu. Setelah reda baru oleskan krim khusus. Bila tidak juga sembuh segera temui dokter dan minta penanganan khusus.

Terpeleset

Hal ini pastimya sering Anda alami ketika berada di rumah. Penyebabnya beragam, bisa karena kamar mandi basah, atau tak sengaja menginjak mainan anak yang berserak di lantai. Meski sepele, efek dari kecelakaan ini tentunya bisa menghalangi kegiatan Anda di rumah. Untuk itu, siasati luka ini dengan mengistirahatkan kaki yang terkilir karena terpeleset.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017