Makanan yang harus Dihindari Saat Konsumsi Antibiotik

Ilustrasi keju
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu
- Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang pertama diresepkan dokter ketika Anda sakit. Jika menginginkan hasil yang optimal dari antibiotik dalam tubuh, maka sebaiknya menjauhi beberapa makanan ini, yang bisa mengurangi kinerja antibiotik tersebut, informasinya sebagai berikut, seperti dilansir dari Boldsky.

Asupan Sehat Agar Tulang Kuat

Makanan asam
Saatnya Selektif Memilih Kualitas Susu Segar


Ketika sedang mengonsumsi antibiotik, sebaiknya kurangi konsumsi makanan asam yang mengandung sitrus. Makanan seperti cokelat, jeruk, dan tomat, bisa memberi dampak yang menyebabkan tubuh sulit menyerap obat-obatan.


Olahan susu


Segala jenis makanan olahan susu, adalah jenis asupan yang tidak baik dikonsumsi saat Anda sedang mengonsumsi antibiotik. Sebab, dalam asupan ini terkandung banyak jumlah kalsium, yang bisa menghalangi proses penyerapan obat di dalam tubuh.


Makanan berserat


Mengonsumsi makanan berserat, akan sangat memerlambat proses penyerapan dalam perut, salah satunya penyerapan obat-obatan. Konsumsi makanan dengan serat tinggi sebaiknya dikurangi agar tubuh bisa menyerap obat dengan baik dan Anda akan segera sehat.

 

Alkohol


Selain dilarang agama, konsumsi alkohol adalah hal yang membahayakan kesehatan, terlebih ketika Anda sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik. Karena, kandungan alkohol bisa memerlambat dan merusak fungsi antibiotik yang akan membuat Anda sembuh lebih lama. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya