Melihat Kondisi Kesehatan Tubuh dari Mata

Ilustrasi mata biru
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Mata adalah jendela yang bisa memperlihatkan keadaan dan kondisi kesehatan seseorang.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Melihat kondisi mata, bisa memperlihatkan kondisi bagian dalam tubuh. Dengan kata lain, bagaimana kondisi mata Anda bisa mejadi sinyal adanya penyakit  yang mengancam jiwa.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Sebagian orang mungkin berpikir, memeriksakan kondisi mata hanya untuk mengetahui adanya penyakit di bagian mata. Namun tak hanya itu, bagaimana kondisi mata bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

Berikut adalah beberapa kondisi mata yang dapat mendeteksi bagaimana kondisi kesehatan seseorang seperti dilansir
Times of India.


Mata merah

Bisa jadi ini sinyal Anda menderita masalah tekanan darah tinggi. Ketika seorang ahli optik menggunakan lampu senter melihat mata Anda, mereka melihat pembuluh darah kecil di retina, ini merupakan jaringan sensitif di belakang mata.


Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul dan terlihat  bengkok atau bahkan menyebabkan mereka meledak sehingga mata terlihat merah. Seperempat orang dewasa dengan tekanan darah tinggi tidak tahu mereka memiliki kondisi yang dapat menyebabkan stroke.


Kuning di belakang mata

Ini bisa jadi sinyal seseorang menderita diabetes. Deposito kuning lemak, atau air mata kecil di retina, tanda-tanda diabetes tipe 2. Diagnosis dini adalah kunci untuk menghindari kondisi diabetes jangka panjang. Sebab, diabetes bisa menimbulkan masalah kesehatan lain yang fatal termasuk juga komplikasi.


Ada 'cincin' di  bagian iris mata

Bisa jadi ini tanda Anda terserang  kolesterol tinggi. Cincin putih di sekitar iris-- - bagian berwarna dari mata adalah tanda kadar kolesterol tinggi.


Petunjuk lain adalah 'xanthelasma' -- timbunan lemak putih di bawah kulit pada atau sekitar kelopak mata Anda. Studi menunjukkan orang dengan kedua gejala ini memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit jantung.


Kelopak mata pucat


Ini menunjukkan seseorang menderita anemia. Jika bagian dalam kelopak mata bawah Anda terlihat pucat saat ditarik ke bawah, Anda mungkin anemia. Biasanya anemia terjadi karena kekurangan zat besi, yang membantu membuat sel-sel darah merah. Anemia dapat diobati dengan suplemen zat besi, tetapi dapat menjadi tanda perdarahan internal, sehingga akan lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.


Mata menonjol

Bisa jadi masalah tiroid menyerng Anda. Ini juga bisa menjadi tanda adanya tiroid yang terlalu aktif. Tingkat normal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak, sehingga tampak mata seperti muncul keluar.


Mata kuning

Bisa jadi penyakit hati. Kondisi hati, termasuk hepatitis dan sirosis, dapat mengubah putih mata Anda berwarna kuning. Namun untuk mengetahuinya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.  Warna ini disebabkan oleh bilirubin, zat kimia yang dibuat oleh pemecahan hemoglobin, yang membawa oksigen molekul dalam sel darah merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya