Empat Kebiasaan yang Merusak Ginjal

jantung / ginjal
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Penyakit yang menyerang ginjal, adalah jenis penyakit yang seringkali terlambat ditangani, karena deteksinya yang juga terlambat. Hal ini bisa juga ditengarai oleh beberapa kebiasaan yang tanpa sadar dapat merusak organ ginjal Anda.

Apa saja? Simak ulasannya sebagaimana dikutip dari laman Boldsky:

Menahan buang air kecil

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Kebiasaan menahan keinginan buang air kecil, diam-diam bisa menjadi sumber dari beberapa kerusakan ginjal yang terjadi pada Anda. Kandung kemih yang penuh, adalah pemicu kerusakan pada ginjal yang bisa berujung pada gagalnya ginjal bekerja dengan baik. Untuk itu, ketika sudah terasa ingin buang air, segeralah ke kamar kecil.

Minuman kemasan

Anda yang gemar dengan minuman kemasan, yang bersoda maupun yang tidak, sebaiknya berhati-hatilah, karena Anda dapat berisiko terkenal gangguan ginjal. Hal ini karena, minuman yang mengandung gula berlebih dan soda, dapat meningkatkan jumlah protein dalam urin, yang berujung pada kerusakan ginjal.

Konsumsi kopi

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Penikmat kopi adalah pihak yang juga dirugikan dalam hal kesehatan ginjal. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi yang berbahaya bagi ginjal. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat ginjal tak bekerja dengan baik. Selain kopi, kafein juga terdapat dalam minuman soda, serta minuman berenergi.

Telat minum obat

Bila Anda sedang menjalani pengobatan terhadap sebuah penyakit tertentu, risiko gangguan ginjal juga bisa membayangi. Terlebih, untuk Anda yang seringkali melewatkan jadwal minum obat. Hal ini biasa terjadi pada penderita diabetes dan hipertensi. Untuk itu mulailah ubah kebiasaan melewatkan jadwal minum obat untuk ginjal yang lebih sehat.

Ditemukan, Zat 'Pembunuh' Mikroba Infeksi Nosokomial
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016