Empat Pemicu Nyeri Otot yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi nyeri punggung
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Sering terganggu nyeri di bagian otot? Olahraga berlebihan bukanlah pemicu satu-satunya.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Kadang, rasa nyeri otot, bisa juga disebabkan faktor lain. Apa saja itu? Berikut informasinya, dikutip dari
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Daily Mail.

Cara berpakaian


Menggunakan baju atau celana terlalu ketat, atau membawa barang yang terlalu berat, bisa menjadi pemicu awal dari nyeri pada otot. Untuk itu, sebaiknya bijaklah memilih pakaian yang Anda kenakan, agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Kekurangan vitamin D


Selain memengaruhi kesehatan tulang dan memberikan risiko gangguan pada kulit, kekurangan vitamin D juga bisa memberi efek pada otot. Hal ini disampaikan Dr. Deyo Famuboni, praktisi kesehatan.


"Kekurangan vitamin D, akan membuat reseptor otot melemah, dan otot akan terasa nyeri," ujarnya. Solusinya, adalah berjemur di pagi hari selama 10-20 menit, sesuatu yang mencukupi kadar vitamin D dalam tubuh.


Kekurangan zat besi


Para wanita tentunya sering merasakan kram dan tak nyaman pada otot, ketika sedang dalam masa menstruasi. Hal ini disebabkan kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh. Untuk itu, cukupi kandungan zat besi dalam tubuh, dengan mengonsumsi makanan seperti bayam, ikan, kacang-kacangan dan telur, yang memiliki zat besi optimal.


Stres


Tekanan dan beban pikiran yang terlalu banyak, dapat berujung stres, yang juga bisa memberi efek nyeri otot. Hal ini karena hormon stres yang dilepaskan tubuh, dapat juga menyerang bagian otot, yang membuatnya tegang dan menimbulkan nyeri. Untuk itu, terapi rileksasi bisa dilakukan untuk menghilangkan stres dan meredakan nyeri otot yang dikeluhkan. Anda bisa juga melakukan meditasi ataupun yoga, untuk mengurangi gejala keduanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya