Mengenal Penyakit Sinusitis dan Bahayanya

Ilustrasi sinus atau pernapasan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Waspadai, Penyakit Sinusitis Menyerang Anak Anda
- Banyak orang sering membicarakan masalah sinusitis namun jarang ada yang tahu pasti, tentang apa artinya dan seperti apa bahayanya. Dokter Rahajeng dari laman

Dokter: Tidak Semua Penderita Sinusitis Harus Dioperasi

“Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri,” ujar Rahajeng.
Menghalau Gangguan Sinusitis yang Menyiksa


Cairan yang tertahan tersebut akan memicu sinusitis. Sehingga bila terkena sinusitis, pada rongga yang terdapat di belakang mata akan nyeri. Ia terangkan, terjadinya sinusitis berkaitan dengan tiga faktor: yakni sumbatan aliran sinus, gangguan silia yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut dan gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus.


“Akibat dari sumbatan tersebut, maka pasien bisa mengalami terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus. Lalu, kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas. Penurunan aktivitas serabut-serabut silia, untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman,” katanya.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya