Waspada Bahaya Menggunakan Obat Kedaluwarsa

Ilustrasi pil.
Sumber :
  • Reuters/Srdjan Zivulovic

VIVA.co.id - Membicarakan obat-obatan, memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, penggunaan obat-obatan, sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Yang saat ini mulai menimbulkan masalah, adalah penyalahgunaan obat resep yang telah terjadi di beberapa daerah di Amerika Serikat.

"Obat-obatan, juga bisa menjadi kedaluwarsa dan tidak layak pakai lagi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak memerhatikan hal tersebut dan tetap mengonsumsi atau menyimpan obat kedaluwarsa di kotak obatnya," ujar Kimberly Cimarelly, manajer farmasi dari Amerika Serikat.

Dilansir dari laman WebMD, penggunaan obat kedaluwarsa dapat menyebabkan risiko gangguan kesehatan yang parah. Saat obat kedaluwarsa, kandungan kimia di dalamnya dapat mengalami perubahan, yang membuatnya semakin berbahaya untuk dikonsumsi," ujar Kimberly.

Obat Ini Berbahaya Dikonsumsi Selama Bepergian

Obat jenis ini, juga akan sangat berbahaya jika sampai jatuh ke tangan yang tidak tepat. "Untuk itulah penting bagi para orangtua untuk menjauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak, bila sampai terminum, bahayanya bisa mengerikan," ujarnya.

Penyalahgunaan obat resep yang juga sering terjadi, adalah penggunaan satu resep untuk kasus penyakit yang berbeda. "Setiap orang diberikan dosis obat yang sesuai dengan gejala dan diagnosa penyakit yang dialaminya. Jadi satu resep hanya akan ampuh untuk satu orang, tidak lebih," ujarnya.

Pemakaian resep untuk kasus penyakit yang berbeda ini bisa berujung pada keracunan, alergi, serta penyakit yang bertambah parah.

Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan obat-obatan, jika memang sudah tak layak pakai, sebaiknya segera buang dan jangan sampai jatuh ke tangan yang tidak tepat. Begitu juga dengan obat resep yang bersifat personal. Jika penggunaannya lalai, kesehatan Anda yang jadi taruhan.

Ilustrasi suplemen.

Pemalsuan Obat di Indonesia Jauh di Bawah Afrika

Pemalsuan obat di negara Afrika dan Asia lainnya sudah di atas 10%.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2016