Tahi Lalat Lebih dari 10, Waspada Risiko Kanker Kulit

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Studi Baru Ungkap Keterkaitan Tahi Lalat dan Kanker
- Memiliki tahi lalat bisa jadi daya tarik tersendiri dan ciri bagi pemiliknya. Namun apa jadinya saat tahi lalat yang dimiliki ternyata sebuah tanda terkena kanker kulit?

Enam Cara Kenali Tahi Lalat Berbahaya pada Tubuh

Penelitian di Inggris menemukan fakta, bahwa orang yang sedikitnya memiliki 11 tahi lalat di lengan lebih berisiko terkena kanker dibandingkan mereka yang memiliki 100 tahi lalat yang tersebar di seluruh tubuh.
Curiga Terkena Kanker Kulit, Lakukan Langkah Ini


Dilansir dari
Dailymail
, kaki bisa jadi penunjuk yang baik bagi wanita maupun pria, namun lengan lebih dipilih karena lebih mudah bagi ahli untuk memeriksa seseorang. Tangan bagian kanan lebih dipilih karena menyediakan pesan yang mudah diingat. Memiliki banyak tahi lalat adalah tanda sel kulit sangat aktif, yang meningkatkan kesempatan beberapa sel menjadi kanker.


Veronique Bataille, seorang ahli dermatologi mengatakan pasien dengan tahi lalat seperti di atas harus tetap mengawasi perubahan yang terjadi pada kulit mulai dari bentuk ataupun warna yang bisa menjadi tanda kanker.


Sedangkan dr.Claire Knight dari Charity Cancer Research, Inggris mengatakan, orang dengan tahi lalat dalam jumlah banyak, beresiko lebih tinggi terkena melanoma. "Faktor lain penanda terkena melanoma adalah rambut merah atau pirang, kulit pucat, mata berwarna terang atau bekas luka bakar," ujarnya.


Knight menambahkan, "Namun kurang dari setengah melanoma berkembang dari tahi lalat yang sudah ada. Akan lebih baik untuk menghubungi dokter saat ada perubahan di kulit. Melanoma tidak hanya di tangan, bisa berkembang di tubuh bagian manapun, untuk pria lebih banyak di bagian badan dan wanita di bagian kaki." (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya