Curiga Terkena Kanker Kulit, Lakukan Langkah Ini

Ilustrasi pergelangan tangan
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Selama ini orang telah banyak mengetahui penyebab terkena kanker kulit. Mulai dari faktor gen, yang merupakan faktor penyebab kanker terbanyak, dan faktor terbanyak kedua adalah exogen, yang disebabkan oleh radiasi UV, virus HPV 11 dan 16, arsenic, pestisida, tembakau.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Namun, hal tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran untuk mencurigai setiap perubahan kecil yang terjadi pada kulit. "Semua berawal dari kecurigaan," ujar Spesialis Bedah Onkologi, RSU Bunda Jakarta, Afrimal Syafarudin, pada acara Skin Cancer Awareness, Jumat, 15 Januari 2016. 

Hilangkan Depresi dengan Lari
Dengan lebih awal mencurigai adanya perubahan, seperti adanya perubahan warna, dan bentuk, maka akan menjadi langkah awal untuk melakukan tindakan biopsi.

Biopsi adalah pengambilan jaringan tubuh untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengidentifikasi munculnya sel-sel abnormal, dan salah satunya adalah kanker.

"Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memutuskan biopsi adalah precancer lession: suspect malignancy yaitu mencurigai tanda-tanda awal yang memiliki kemungkinan menjadi cikal bakal terjadinya kanker kulit," jelas Afrimal.

Dengan melakukan biopsi lebih awal, akan membantu mengurangi risiko kanker yang lebih ganas. 

Teknik biopsi sendiri ada tiga, excisional biopsy untuk yang masih berukuran 3 hingga 4 sentimeter, kemudian incisional biopsy setelah ukurannya lebih dari 4 sentimeter. Kedua tindakan ini adalah yang paling sering dilakukan untuk tindakan biopsi

Sedangkan tindakan Shave dan Punch biopsy biasanya dilakukan pada tahap pra kanker. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya