Dokter: Cacar Air Bisa Terjadi Lebih dari Sekali

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Tips Agar Anak-anak Tak Tertular Penyakit Cacar Air
- Di masyarakat berkembang pemikiran bahwa penyakit cacar hanya akan hinggap di tubuh seseorang seumur hidup sekali. Namun, pendapat sebagian yang lain, menolak pemikiran tersebut, dengan mengatakan dalam hidup, bisa saja seseorang terkena cacar lebih dari sekali.

Sembuhkan Cacar Air Lebih Cepat dengan Cara Alami Ini

Dokter Nina Amelia Gunawan dari laman
Cara Cepat Sembuhkan Cacar
Meetdoctor menjelaskan, varicella atau penyakit cacar air memang dapat dialami lebih dari sekali, meskipun umumnya satu orang memang hanya akan mengalami sekali.


“Hal ini berkaitan dengan imunitas tubuh seseorang dan virulensi varicella zooster virus yang merupakan penyebab timbulnya cacar. Oleh sebab itu, menyebar atau tidaknya cacar seluruh tubuh, tidak bisa dijadikan patokan akan terjadinya infeksi berulang di kemudian hari,” ujar Nina.


Penyebab cacar air, karena virus yang umumnya terjadi pada usia anak di bawah 15 tahun. Jika seseorang sudah terkena cacar air, biasanya virus ini sudah ada di tubuh orang itu. Bila suatu saat nanti terpapar kembali, sistem daya tahan tubuhnya akan bekerja secara otomatis untuk melawan.


Ini alasannya, mengapa seseorang yang sudah terkena cacar air tidak akan lagi mengalami cacar air seumur hidup. Namun, tentunya hal ini tidak bisa menjadi  jaminan 100 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya