Bahaya Memijit Jerawat tanpa Konsultasi Medis

Ilustrasi memijit jerawat
Sumber :
  • Flickr

VIVA.co.id - Setelah jerawat pergi, biasanya pipi dihinggapi keropeng, alias kerak yang tertinggal di dalam luka. Kalau sudah begini, perawatan apa yang harus dilakukan agar keropeng atau skar tidak berulang?

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, scar pada dasarnya terbentuk akibat gangguan integritas epidermis (lapisan terluar kulit) yang pada akhirnya, memicu pertumbuhan kolagen abnormal lalu terbentuklah skar. “Hal ini umumnya dipicu trauma kulit; pada kulit jerawat, kondisi ini sering dijumpai pada orang yang sering memijitnya,” katanya.

Saat Anda memaksa mengeluarkan nanah atau kotoran yang tersumbat itu, maka secara tidak langsung Anda memberi trauma pada kulit dan merusak lapisan epitel.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

“Oleh sebab itu, sangat tidak dianjurkan melakukan pemijitan jerawat sendiri di rumah (harusnya dikonsultasikan ke ahli medis). Terlebih kondisi pemencetan yang tidak steril, dapat memicu terjadinya infeksi sehingga jerawat akan bertambah parah,” katanya.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024