Adakah Pantangan Buah, Buat Orang yang Kolesterolnya Tinggi?

Ilustrasi cuka apel.
Sumber :
  • Istimewa/Vegan Kitchen
VIVA.co.id
Ini Tiga Buah Penurun Kadar Kolesterol
- Ada yang bilang, orang yang punya kolesterol tinggi tidak boleh makan macam-macam, jika tak ingin kesehatan tubuhnya terancam. Bahkan, untuk makan buah, ada banyak pantangan yang tidak boleh mereka langgar.

Inilah Pengaruh Kopi dan Teh Terhadap Kolestrol
 
12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol
Namun, menepis pendapat tersebut, dokter Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor
malah menjelaskan, tidak ada patokan khusus mengenai jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol.


“Justru, konsumsi berbagai jenis buah yang kaya antioksidan, seperti anggur, apel, berry, alpukat, jeruk, delima, jambu merah, serta mangga dipercaya membantu menurunkan kadar LDL, dan mencegah senyawa radikal bebas yang berefek negatif,” ujarnya.


Selain makan buah, agar selalu sehat pastikan mengubah pola makan dengan membatasi asupan minyak dan lemak jenuh (misalnya mengurangi jenis makanan digoreng, bersantan, dan berlemak), serta menggantinya dengan jenis lemak tak jenuh, misalnya alpukat, kacang-kacangan,dan minyak zaitun.


Selain itu, konsumsi lebih banyak serat berupa sayuran ataupun gandum, terbukti dapat membantu mengikat lemak berlebih, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.


Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.
(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya