Dokter, Perlukah Ibu Hamil Konsumsi Susu Khusus

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Saat ini, banyak iklan produk susu untuk ibu hamil beredar. Namun, jika mau dilihat dari sisi kesehatan, apakah mengonsumsi susu untuk ibu hamil merupakan kewajiban?

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Dokter Deffy Leksani dari
Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?
Meetdoctor menjelaskan, susu ibu hamil merupakan tambahan, atau penyempurna makanan ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam susu ibu hamil, dapat menambah, atau menutupi kebutuhan ibu hamil akan protein, asam folat, AA, dan DHA selama kehamilan berlangsung.


“Dengan kandungan-kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, maka susu ibu hamil baik untuk dikonsumsi, tetapi bukan berarti ini kewajiban. Karena sebetulnya, nutrisi dan gizi yang diperlukan ibu hamil juga terdapat dalam makanan harian,” ujarnya.


Jadi, saat hamil, makan tetap normal ini lebih penting dibanding harus minum susu ibu hamil. Namun, jika kondisi ibu hamil mengalami kekurangan gizi, akibat nafsu makan yang berkurang,
morning sickness
berlebih, atau ingin melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil, maka disarankan mengonsumsi susu ibu hamil.


Jika hendak mengonsumsi susu ibu hamil, perlu perhatikan kandungan susu yang terkandung di dalamnya. Jika kehamilan di trimester pertama, disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan vitamin B6.


Hal ini, berguna untuk membantu mengatasi
morning sickness
. Selain itu, perhatikan juga kandungan asam folat dan kandungan DHA-nya, karena pada masa kehamilan awal, janin membutuhkan nutrisi untuk pembentukan saraf dan otak anak.


Pada trimester dua dan tiga, konsumsi susu ibu hamil yang banyak mengandung zat besi, nutrisi ini diperlukan untuk menghindarkan ibu hamil terkena anemia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya