Ini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Agar Si Kecil Semangat Gosok Gigi Sebelum Tidur
- Banyak orang yang belum mengetahui seputar kesehatan gigi, termasuk cara merawat gigi dan bagaimana menyikat gigi dengan benar. 

Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif
Menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk., menyikat gigi tak hanya wajib dilakukan dua kali sehari, melainkan juga setiap sehabis makan dan sebelum tidur. Selain itu ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat menyikat gigi.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif
"Sikat gigi Anda selama dua menit lalu saat berkumur cukup sekali saja agar bahan aktif dapat bertahan lebih lama memberikan perlindungan yang lebih optimal," ujar Mirah saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Ia pun mengungkapkan cara menyikat gigi yang tepat.

1. Pegang sikat gigi Anda membentuk sudut 45 derajat menghadap ke arah gigi. Sikat gigi dari arah gusi ke gigi dengan gerakan vertikal atau memutar di tiap rahangnya. Selalu menyikat gigi dengan tekanan ringan karena resesi gusi sering terjadi akibat menyikat gigi terlalu keras. 

2. Sikat gigi bagian luar samping, atas dan bawah, gigi depan dan bagian belakang yang sulit dijangkau. Sikat permukaan gigi graham dengan gerakan maju mundur.

3. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi, sikat dengan arah vertikal atau dengan gerakan mencungkil. Jangan lupa menyikat lidah karena merupakan tempat dimana bakteri paling banyak berkumpul.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya