Dokter: Kebiasaan Menyirih Bisa Sebabkan Kanker Rongga Mulut

Ketika tembakau diserang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri
VIVA.co.id
Inovasi Daun Sirih untuk Antiseptik Miss V
- Menyirih adalah salah satu kebiasaan masyarakat tradisional di banyak negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Namun, kebiasaan ini ternyata bukan hanya membahayakan kesehatan gigi dan gusi, namun juga mampu menyebabkan kanker rongga mulut.

Ternyata, Rebusan Daun Sirih Bisa Bikin Gigi Putih
Menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk., kebiasaan menyirih mampu meningkatkan risiko menderita kanker rongga mulut. Ia mengatakan, sudah banyak riset yang dilakukan di seluruh dunia yang membuktikan hal tersebut.

Bawa Ganja, Pria Ini Dibekuk Polisi
"Kasusnya paling banyak di India karena mereka sangat hobi menyirih. Kalau sekarang di Indonesia mungkin sudah jarang," ujar Mirah saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Ia juga menekankan bahwa menyirih yang dapat menyebabkan kanker rongga mulut adalah menyirih yang bukan hanya menggunakan sirih, melainkan dengan tembakau. Berkumur dengan air rebusan sirih bahkan sangat baik bagi mulut karena mengandung anti inflamasi dan dapat membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam mulut.

"Bukan menyirih biasa ya, tapi menyirih dengan tembakau. Yang berbahaya adalah tembakaunya, bukan sirihnya. Tembakau risiko kanker sangat tinggi. Sirihnya sendiri baik, tapi kalau ditambah dengan kapur dan tembakau, maka akan sangat berbahaya. Tembakau juga menempel sangat lama di gigi. Itu karsinogenik sekali. Dibersihkan dengan sikat gigi enggak bisa," ucap Mirah.

Tanda-tanda awal kanker rongga mulut sendiri, menurut dia biasanya muncul bercak-bercak putih yang harus degera diperiksakan ke dokter gigi.

"Bercak-bercak putih biasanya muncul di bagian mulut yang sering dijadikan tempat mengunyah atau menyimpan sirih dan tembakau, umumnya di pipi bagian dalam," kata dia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya